10 Fakta Bahaya Sinar Matahari Bagi Mata Sobat

  • Selasa, 08/10/2019 - 08:22 WIB
Hi, Sobat Souja! mungkin selama ini mengira bahwa sinar matahari hanya bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Namun, kenyataannya, sinar matahari juga dapat mengakibatkan kerusakan pada mata Sobat.

Dilansir dari situs resmi Acuvue, ada beberapa fakta yang perlu Sobat ketahui tentang sinar matahari dan kerusakan mata:

Fakta 1.
Matahari bersinar paling kuat di antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Dan di saat inilah pancaran sinar UV bisa sangat berbahaya pada mata.

Fakta 2.
Sama halnya seperti kulit berwarna gelap yang memiliki perlindungan dari sinar matahari, mata berwarna gelap juga menyediakan perlindungan lebih lama dari sinar matahari dibandingkan mata yang berwarna terang. Sekalipun demikian, disarankan untuk tetap menggunakan kacamata hitam sebagai proteksi terhadap sinar UV apabila beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

Fakta 3.
Tubuh manusia memang memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel yang sudah rusak. Sayangnya, ada pengecualian terhadap hal tersebut. Apabila lensa mata rusak, maka tubuh tidak dapat menggantikan sel-sel di dalamnya. Alhasil, katarak menjadi problem mata yang paling sering dialami. Katarak disebabkan adanya penumpukan kerusakan yang mempengaruhi protein pada lensa mata, kerusakan ini disebabkan radiasi sinar UV.

Fakta 4.
Kelebihan sinar UV saat masih anak-anak akan mempengaruhi kondisi mata ketika dewasa.

Fakta 5.
Refleksi sinar matahari dapat menyebabkan mata terbakar. Misalnya saja refleksi sinar matahari di puncak gunung bersalju, di pasir pantai, di air danau, air sungai atau air laut.

Fakta 6.
Bahaya radiasi sinar UV ini dapat menyebabkan pyterguim. Sebuah kondisi yang menunjukkan adanya pertumbuhan di lapisan luar bagian putih mata, yang perlahan akan menghalangi kejelasan penglihatan.

Fakta 7.
Kanker kulit tak hanya berkembang di bagian tubuh saja, tetapi juga bisa berkembang di kelopak mata.

Fakta 8.
Paparan sinar matahari memainkan peranan penting karena dapat menyebabkan degenerasi macula yang berkaitan dengan usia. Kondisi ini di mana makula retina mengalami kerusakan.

Fakta 9.
Antibiotik atau beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mata Sobat peka terhadap sinar cahaya matahari. Apabila Sobat mengalami tahap ini, maka mata akan lebih mudah terkena kerusakan.

Fakta 10.
Seorang akan memiliki resiko kerusakan mata yang lebih besar apabila memiliki warna mata biru, perokok, dan berambut pirang.

Oleh sebab itu, pastikan selalu memberikan perlindungan mata dan jangan menyepelekannya, karena kesehatan mata sangat mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya. Penglihatan juga menjadi salah satu indera yang sangat penting bagi tubuh, yang wajib dirawat dan dijaga kondisinya.
 
 
 
sumber : fimela.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.