2020 Saatnya Move On dari Wacana Jadi Rencana

  • Jumat, 10/01/2020 - 09:12 WIB

Dengar kata move on, pasti lekat sekali dengan drama percintaan anak milenial, tapi move on ini jauh banget dari drama percintaan, ya. Move on yang ini berkaitan dengan sebuah resolusi dan keuangan. Sebagian Milenial masih kesulitan dalam mengatur keuangan sesuai skala prioritas. Permasalahan utamanya adalah gaya hidup yang konsumtif, ditambah lagi trend nongkrong di restoran baru ataupun coffee shop. Hal ini akhirnya hanya menjadi wacana resolusi karena kurangnya perencanaan, makanya harus move on.

Bukan berarti sudah tidak bisa hangout atau sekedar ngopi di coffee shop lagi, 2020 sudah saatnya membuat perencanaan keuangan yang matang supaya tidak sekedar jadi wacana. Tidak apa-apa #AbisinDuitnya asal sudah direncanakan dengan aplikasi Halofina. Aplikasi Digital Financial Advisory yang akan bantu Sobat Souja untuk memberi saran keuangan sesuai profil user agar dapat mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai.

sumber gambar: halofina.id

Supaya perencanaan dapat dicapai sesuai target dan tidak tergerus dengan inflasi, 2020 juga merupakan saat yang tepat untuk move on dari nabung ke investasi. Kenapa begitu? Menurut Financial Advisor Halofina, Mohammad B. Teguh, move on dari nabung ke investasi itu adalah sebuah tahapan yang harus dilalui oleh seseorang. jika Sobat Souja mau mulai berinvestasi, kebiasaan menabung rutin bisa Sobat Souja jadikan langkah awal.

"Jika menabung itu merupakan aktivitas menyisihkan sebagian penghasilan kita (income not to spend), maka merupakan upaya kita untuk menghasilkan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan cuma menabung" ucapnya.

Dua definisi berbeda, namun saling berkaitan. Faktanya menabung saja enggak cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Perlu dipahami juga, investasi itu sesungguhnya bukan untuk menumpuk-numpuk harta, tetapi untuk mencapai tujuan investasi di masa mendatang. Prinsipnya sama dengan menabung, hanya saja melalui investasi ada harapan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi.

sumber gambar: halofina.id

"Jika seseorang memilih untuk menabung saja tanpa berinvestasi, maka hampir pasti bahwa harta yang dia miliki akan terkena inflasi. Sementara dengan investasi, kamu bisa memilih instrumen investasi yang return-nya di atas nilai inflasi. Tujuannya agar nilai aset yang kamu miliki terus naik dan tidak tergerus inflasi di masa depan." Ujar Mohammad B. Teguh, Financial Advisor Halofina.

Perencanaan keuangan yang matang harus di iringi dengan strategi yang tepat, agar perencanaan keuangan dapat dicapai sesuai target waktu yang ingin dicapai.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.