Ingin melepas kejenuhan dengan liburan setelah menjalani rutinitas kerja ditahun 2019? Boleh-boleh saja, apalagi j" />

Cara Mudah Liburan Yang Hemat dan Bermanfaat

  • Minggu, 19/01/2020 - 08:28 WIB

Ingin melepas kejenuhan dengan liburan setelah menjalani rutinitas kerja ditahun 2019? Boleh-boleh saja, apalagi jika liburannya bermanfaat dan tidak menguras kantong. Semua orang butuh liburan, liburan bisa dilakukan dengan teman atau bersama keluarga. Nah Sobat souja, berikut ini ada tips buat kamu dalam mempersiapkan liburan yang bermanfaat dan juga hemat.
 
Pertama, jika mempunyai rencana liburan, persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelumnya. Waktu persiapan yang panjang akan lebih baik. Apalagi jika liburan keluar kota dalam jangka waktu yang lama. Mungkin banyak dari kita yang menginginkan membeli paket murah dari penyelenggara travel agent. Tapi bila kita mengambil keputusan untuk berlibur sendiri, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan yang nantinya akan dikunjungi. Kalau perlu catat dengan seksama rute perjalanan yang akan kita tempuh, berapa lama sampai di tempat tujuan dan tempat mana saja yang ingin dikunjungi.
 
Kedua, untuk membantu menghemat pengeluaran, kita bisa menginap di rumah kerabat, teman ataupun kenalan yang dekat dengan tempat tujuan. Seperti diketahui, biaya menginap merupakan budget yang paling besar dalam liburan. Sebagai alternatif, manfaatkan juga paket promosi dari travel agent. Bandingkan paket harganya dengan travel agent lain, apakah harganya realistis. Pilihlah agent yang mempunyai reputasi bagus. Boleh pilih yang murah tapi berkualitas.
 
Ketiga, carilah tempat rekreasi yang tepat. Kunjungi tempat wisata yang benar-benar bagus, unik dan mempunyai nilai manfaat, contohnya berkunjung ke daerah wisata pengrajin batik di Yogyakarta, antara lain di daerah Giriloyo, Pucung dan Bantul. Kita bisa berwisata sambil belajar membatik sekaligus membeli hasil batik karya kita sendiri di sana.
 
Keempat, mencari tempat makan atau warung makan juga harus sesuai dengan anggaran kita. Hindarilah memilih tempat makan yang jauh dari tempat menginap. Cari tempat makan yang dekat dengan tempat menginap. Dengan begitu kita akan menghemat ongkos dan waktu perjalanan.
 
Kelima, bawalah makanan kecil atau snack untuk bekal dalam perjalanan. Bawa tas dengan kapasitas yang sedang. Jangan terlalu besar, sebab tas terlalu besar akan merepotkan. Roti dan air putih mungkin bisa dibawa dalam perjalanan untuk menghemat biaya. Membawa jajan sendiri bisa menghindarkan kita dari kemungkinan sakit perut akibat jajanan yang kurang sehat di perjalanan.
 
Keenam, membawa uang saku secukupnya. Manfaatkan fasilitas ATM agar uang yang dibawa tidak terlalu banyak. Ini akan menghindarkan kita dari bahaya kejahatan juga, ya.
 
Terakhir, selalu jaga stamina tubuh. Untuk bisa menikmati liburan, kondisi badan harus dalam keadaan sehat. Siapkan suplemen khusus untuk menjaga stamina tetap fit. Obat flu, minyak angin, obat penambah darah bisa dibawa. Nggak asyik dong, kalau liburan kita malah sakit.
 
Kunci liburan sebenarnya ada dalam pikiran kita. Berpikir positif dan selalu kreatif akan membuat kita merasa bahagia. Liburan pun akan terasa sangat menyenangkan. 
Happy Holiday ya Sobat Souja!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.