Hak Cuti Karyawan Yang Harus Diketahui

  • Senin, 03/02/2020 - 09:55 WIB

Sebagai karyawan, tentu tidak asing dengan istilah cuti, ya?! Namun, tahukah kamu hak cuti apa saja yang bisa diperoleh sebagai karyawan?
Jika kamu belum tahu semua, jangan khawatir. Hak cuti karyawan telah diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dan mengenai undang-undang tersebut, ada tujuh hak cuti yang wajib kamu ketahui dan peroleh.

Apa saja jenis – jenis cuti?

1. Cuti Tahunan
Setiap tenaga kerja berhak memperoleh 1 hari cuti dalam sebulan atau 12 hari dalam setahun. Jenis cuti karyawan ini disebut cuti tahunan yang diatur dalam pasal 79 dan 84 UUK Nomor 13 Tahun 2003.

2. Cuti Sakit
Untuk cuti sakit, pekerja yang tidak dapat melakukan pekerjaannya dibolehkan mengambil cuti. Waktu istirahat disesuaikan jumlah hari yang disarankan dokter. Hal ini diatur pada Pasal 93 ayat 2 Dan pasal 81.

3. Cuti Bersalin/Cuti Melahirkan
Ketentuan tentang cuti hamil dan melahirkan tertuang pada Pasal 82 Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang berbunyi:
Pekerja perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.Selain itu pekerja perempuan yang mengalami keguguran berhak memperoleh istirahat 1,5 bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

4. Cuti Besar
Cuti besar sebaliknya diatur jauh-jauh hari, karena jangka waktunya yang cukup panjang yaitu 1 bulan. Biasanya karyawan yang sudah bekerja selama lebih dari 6 tahun dapat diberikan kontribusi ini oleh perusahaan.

5. Cuti Karena Alasan Penting
Bila kamu ada alasan mendesak atau penting seperti menikah, mengkhitankan anak, anggota keluarga meninggal dan lainnya, kamu diperbolehkan mengambil cuti dan tetap berhak mendapatkan upah.

Cuti kerja dalam satu tahun itu berapa hari?
Berdasarkan Undang-Undang No.13 tahun 2003 Pasal 79 ayat (2), seorang pekerja berhak atas cuti tahunan sekurang kurangnya 12 hari kerja.

 Semoga bermanfaat Sobat Souja!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.