Indonesia Mendunia Melalui Kedai Kopi

  • Rabu, 11/09/2019 - 06:57 WIB

Hi Sobat Souja, Eksistensi kopi memang sedang disorot dunia, terlebih kopi khas Indonesia yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kopi Indonesia akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan dunia internasional karena cita rasanya yang khas dan nikmat. Sebagai salah satu negara dengan penghasil kopi terbanyak di dunia, Indonesia telah banyak mengekspor produksi kopinya ke mancanegara. Dengan demikian, tidak luput bahwa beberapa gerai kopi besar di dunia menggunakan biji kopi dari Indonesia sebagai bahan baku utamanya

 

1. Soma Coffee, Tanjong Pagar – Singapura

Soma 
source: cdnindonesia.com

Pada bulan Mei 2017 lalu, Soma Coffee dibuka untuk pertama kalinya dan berhasil menarik minat warga Singapura untuk mencicipi kopi lokal Indonesia tersebut. Kedai kopi mungil ini berada di tengah sibuknya areal perkantoran Tanjong Pagar, Singapura. Suasana yang ditawarkan sangat hangat dan nyaman ditengah hiruk pikuk kota. Kopi yang disajikan merupakan hasil olahan terbaik sehingga menghasilkan kopi berkualitas tinggi.

 

2. Café Luwak, Busan – Korea Selatan

 Luwak  source: imgix.net 

Sudah bukan rahasia lagi jika kopi luwak menjadi salah satu kopi mahal dan istimewa di dunia. Kepopulerannya pun singgah hingga ke Korea Selatan. Di Busan tepatnya di Surabaya-Gil, terdapat kedai kopi Indonesia yang didirikan oleh warga negara Korea Selatan dan diberi nama Cafe Luwak.

 

3. Vigilante Coffee, Maryland – Amerika Serikat

vigilante  source: amazonaws.com 

Sebuah kedai kopi independen yang jadi tempat favorit nongkrong anak muda di Maryland, Amerika Serikat. Meski tidak khusus menyajikan kopi Indonesia, namun Vigilante Coffee menjadi satu-satunya gerai kopi di Amerika Serikat yang menjual kopi dari daerah Solok, Sumatera. Kopi Solok Sumatera merupakan jenis kopi Indonesia andalan yang dihadirkan di Vigilante. Semua kopi di sini dibeli langsung dari petani tempat kopi berasal. Desain kedai kopinya yang industrialis sekaligus nyentrik terlihat sangat menarik.

 

4. Kopi Corner, Brussel – Belgia

Kopi UK  source: digitaloceanspace.com 

Benua Eropa tidak luput dari harum semerbaknya kopi Indonesia. Berlokasi di sebuah kawasan bergengsi di Brussel, Belgia terdapat sebuah kedai kopi Indonesia bernama Kopi Corner. Seluruh sajian kopi di sini menggunakan biji kopi yang diimpor langsung dari Indonesia.

 

5. Ngopi UK, Brimingham – Inggris

NgopiUK source: amazonaws.com 

Tidak hanya di Belgia, kopi Indonesia pun sampai ke daratan Inggris Raya. Tepatnya di Kota Birmingham, terdapat sebuah kedai kopi Indonesia bernama Ngopi UK. Para baristanya pun orang Indonesia juga.  Atmosfer kampung halaman langsung terasa begitu memasuki kedai kopi ini. Apalagi sebuah peta Indonesia tergambar jelas di salah satu sudut dindingnya. 

 

6. Sprezzatura Coffee, Selangor – Malaysia

Sprezza source : digitaloceanspace.com 

Kopi Toraja merupakan salah satu kopi dari Indonesia yang memiliki cita rasa khas. Para penggemarnya pun kini sampai ke negeri jiran Malaysia. Mereka bisa kamu temui di Sprezzatura Coffee yang berada di kawasan Selangor. Sprezzatura dikenal sebagai ahlinya kopi Indonesia di Malaysia. Kedai kopi yang satu ini sudah jadi langganan para pecinta kopi yang sedang singgah di Malaysia.

 

Nah, demikian Sobat Souja sensasi minum kopi Indonesia di negeri orang tentu menjadi pengalaman yang unik dan menarik. Jadi, kalau sedang jalan-jalan ke luar negeri jangan lupa mampir ke kedai kopi Indonesia ya. Salam kopi.  


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.