Kombinasi Jenis-Jenis Buah Ini Dapat Beracun Jika Dimakan

  • Selasa, 08/10/2019 - 08:22 WIB

Sobat Souja, buah itu sehat, jadi mungkin agak sulit dipercaya jika ada yang bilang ketika memakan buah yang kombinasinya tidak pas malah bisa membuat Sobat Souja sakit.


Menurut Emilia Klapp, BS, RD., seorang penasihat diet Mediteranian, kombinasi dari beberapa jenis buah dengan beberapa jenis makanan spesifik lain justru bisa menimbulkan racun bagi tubuh. Bahkan malah bisa menyebabkan penyakit tertentu.

Kombinasi makanan yang tepat akan menyehatkan tubuhmu, sedangkan kombinasi yang gak tepat justru akan membahayakan tubuh. Kombinasi makanan yang seperti apa nih?

1. Jangan mencampur buah berasam tinggi dan berasam rendah dengan makanan tinggi karbohidrat

Buah asam seperti jeruk, lemon, kiwi, strawberi dan asam rendah seperti pir, apel, mangga, ceri; sebaiknya jangan dicampur dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, sereal, roti, jagung, lentil, kukis atau labu. Menggabungkannya akan membuat sangat susah dicerna sehingga organ pencernaan akan bekerja lebih berat.

Akan lebih baik jika kamu mencampurkan buah asam dengan makanan protein tinggi seperti daging merah, ayam, ikan, telur, keju dan kacang-kacangan. Campuran ini akan mudah dicerna.

2. Buah manis sebaiknya hanya dicampur sesama tipe buah manis

 

Buah manis adalah buah yang gak mengandung asam sama sekali, seperti: pisang, buah kering, mangga matang dan anggur manis. Buah manis sebaiknya hanya dimakan barengan dengan buah manis. Jika buah manis dicampur dengan buah asam akan memperlambat pembentukan glukosa dan memungkinkan terbentuknya toksin.

Jangan mencampur juga buah manis dengan keju, yogurt, kacang-kacangan, ayam, ikan, daging merah, telur dan kelapa.

3. Buah netral hanya bisa digabung dengan sesama buah netral

Buah netral adalah jenis buah-buahan yang kaya protein, vitamin, garam mineral dan minyak. Buah netral termasuk alpukat, pepaya dan kacang-kacangan. Buah netral hanya bisa dimakan bersama dengan buah netral.

Jika buah netral dicampur dengan buah manis, jelas akan susah dicerna dan merusak hati. Minyak dari buah netral jika bertemu dengan gula dari buah manis akan membentuk toksin yang berbahaya bagi sel tubuh.

4. Hindari mengonsumsi jeruk dan wortel secara bersamaan atau berdekatan

Makan yang berlebihan kombinasi ini akan menyebabkan malfungsi hati. Kombinasi ini akan membuat peningkatan produksi empedu, peningkatan zat tersebut dapat membahayakan ginjal dan membuat rasa mulas-mulas yang berlebihan.

5. Jangan mencampur nanas dengan produk olahan susu

Kombinasi dari keduanya akan menghasilkan efek yang cukup "beracun" dan berbahaya bagi tubuh. Organisme-organisme kecil yang diberikan campuran ini saja bisa berdampak sangat fatal terhadap fungsi tubuh mereka.

6. Jangan mengonsumsi pepaya dan lemon secara bersamaan atau dimakan dalam jarak waktu yang singkat

Efek dari mengonsumsi pepaya dan lemon secara bersamaan akan menimbulkan masalah pada hemoglobin. Jika konsumsinya terus dilanjutkan bahkan akan menyebabkan anemia.

7. Fakta-fakta tambahan mengenai bagaimana mengonsumsi buah-buahan dengan cara yang tepat

Untuk membuat salad buah yang bernutrisi tinggi serta lezat, kamu bisa mencampurkan beberapa bahan ini: pepaya, mangga matang, pir, buah ara, kurma, apel merah, kesemek, pisang dan ceri segar. Selain itu, ini beberapa fakta lain tentang mengonsumsi buah:

- Makan buah sebelum makanan utama, jangan setelahnya.
- Buah-buahan yang bersifat asam jangan dibuat jadi jus.
- Jangan minum jus setelah makan, beri jarak sejam setelahnya.
- Jangan mencampur buah dan sayur dalam sekali makan.
- Jangan campur jeruk dengan buah-buahan lain.
- Buah yang asam sebaiknya dimakan di pagi hari.
- Buah yang manis bisa dimakan kapanpun sepanjang hari.
- Buah sebaiknya dimakan dalam keadaan matang. Jika belum matang, akan menjadi asam di dalam tubuh.


Jadi hanya karena sesuatu itu sehat dan bernutrisi jika dimakan secara sendiri, jangan suka sembarangan mencampur segala sesuatu jadi satu ya.

Alih-alih menggabungkan fungsi kesehatannya malah bisa berbahaya bagi tubuh. Cari tahu dulu informasinya sebelum mencoba-coba atau asal campur daripada menyesal.

Hidup sehat itu gak mahal kok, lebih mahal jika berusaha kembali sehat. Selamat hidup sehat!

Sumber Artikel : idntimes


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.