Manfaat Ampas Teh Yang Harus Sobat Souja Ketahui

  • Selasa, 10/09/2019 - 03:16 WIB

Sobat Souja mulai sekarang, jangan langsung membuang ampas teh yang telah habis digunakan ya. Ternyata ampas teh juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan lho. Penasaran? Simak di bawah ini ya penjelasan lengkapnya tentang manfaat ampas teh yang ampuh banget!


1. Menghilangkan Kantung Mata
Sobat Souja sering begadang? Sering tidur larut malam pasti membuatmu memiliki kantung mata. Hal ini pasti mengganggu penampilan dong? Tahu gak, ternyata teh mengandung antioksidan dan tanin yang membantu mengurangi kantung mata.

Caranya mudah kok, Sobat Souja hanya harus memasukkan dua kantong teh hijau ke kulkas selama 30 menit. Kemudian letakkan kantung teh tersebut di kelopak mata. Diamkan selama 15 menit. Lakukan ini dua kali sehari agar lebih cepat proses menghilangkan kantung matanya.


2. Masker Wajah
Sobat Souja ingin kulit wajah halus dan lembab? Jangan terburu-buru membuang ampas teh yang habis Sobat Souja minum. Ampas teh bisa digunakan masker wajah. Selain melembabkan dan menghaluskan wajahmu, ampas teh juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan noda bekas jerawat.

Caranya, campurkan ampas teh dengan madu dan tepung beras secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan masker secara merata ke wajah, tunggu hingga 5 menit dan bilas dengan air bersih.


3. Mengobati Bisul
Duh, bisul pasti mengganggu sekali kan? Nah, Sobat Souja bisa memanfaatkan ampas teh yang telah digunakan.

Caranya, kompres bisul Sobat Souja dengan ampas teh. Tunggu sekitar 15 menit sampai ampas mengering. Sebaiknya lakukan cara ini dengan rutin, sampai bisul menghilang.


4. Mencerahkan Kulit Wajah
Sobat Souja bete dengan wajah yang kusam? Ampas teh bisa jadi solusinya nih.  Ampas teh dapat mencerahkan kulit wajah akibat flek hitam dan kotoran demu polusi udara yang menempel.

Caranya sama kok, dengan memberikan masker teh ke wajah. Lakukan secara rutin pada malam hari sebelum tidur.


5. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Bagi Sobat Souja yang rambutnya sering rontok dan tumbuhnya lama, ampas teh hijau bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambutmu kok. Selain itu, ampas teh ini juga dapat mencegah kulit kepala kering dan ketombe.

Setelah mencuci rambut, bilas dengan air yang berisi ampas teh hijau yang sudah dingin. Kemudian pijat dengan lembut agar lebih menyerap. Biarkan kira-kira 10 menit, dan bilas kembali dengan air sampai bersih.

 
6. Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Kulkas
Jika kulkas Sobat Souja berbau tak sedap dan ingin menghilangkannya, gunakan saja ampas teh.

Caranya, letakkan beberapa ampas kantung teh celup dan biarkan saja sampai bau pada kulkas menghilang dengan sendirinya.


7. Memutihkan Kulit Yang Terpapar Matahari
Ketika sering berjemur atau terkena paparan matahari, pastinya kulit Sobat Souja akan terasa perih karena terbakar.

Sobat Souja bisa memulihkannya dengan meletakkan ampas teh yang dingin ke kulit yang terpapar matahari. Dengan begitu, rasa perih akibat paparan matahahari akan berkurang. Kulit pun akan cepat pulih dan cantik lagi, deh.

 
Itulah manfaat ampas teh yang mungkin seringkali Sobat Souja abaikan. Mulai sekarang, jangan terburu-buru dibuang ya. Manfaatnya ampuh sekali dibanding dengan  membeli makeup mahal.

Sumber Artikel : idntimes


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.