Tak Hanya Yogyakarta, Semarang Juga Memiliki Tempat Wisata Menarik untuk Dikunjungi

  • Senin, 02/12/2019 - 08:36 WIB

Hallo Sobat Souja, Jika ditanya destinasi wisata yang kental akan budaya Jawa, Sobat pasti akan menjawab Yogyakarta, bukan? Namun kali ini mari sedikit bergeser dari kota istimewa ini ke Jawa Tengah, Semarang. Kota yang terkenal dengan lumpia sebagai makanan khasnya ini juga banyak menawarkan destinasi wisata menarik untuk dieksplor. Mulai dari wisata alam, religi, tempat bersejarah, hingga budaya. Nah, daripada penasaran langsung saja simak artikel berikut!

Kota Lama Semarang


Kawasan ini sangat mirip dengan wisata Kota Tua Jakarta. Tempat ini memiliki banyak nilai sejarah, sehingga berbagai bangunan tetap dibiarkan sesuai dengan bentuk aslinya guna menjaga keunikan pemandangan kota ini. Berbagai bangunan kota tua khas arsitektur Eropa tersebut merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda. Meski sudah berumur ratusan tahun, bangunan di kota ini masih berdiri dengan kokoh. Kanal-kanal yang dahulu difungsikan sebagai transportasi air juga masih terlihat, walau sekarang sudah tidak digunakan.

Bangunan bersejarah yang paling terkenal di sini adalah si Gereja Blenduk yang bersebelahan dengan Taman Sri Gunting  Keunikan dan eksotisme Kota Lama menjadikan banyak penggemar seni fotografi menjadikannya tempat favorit untuk hunting foto. Pengambilan foto pre-wedding, hingga syuting film juga sering dilakukan di kawasan tersebut. Gereja Blenduk adalah salah satu spot yang banyak digemari di tempat wisata di Semarang ini. Selain unik, bangunan ini usianya juga sudah lebih dari 250 tahun.

Masjid Agung Jawa Tengah

 


Tempat wisata selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini memiliki ciri khas enam payung elektrik pada bagian pelataran dalam masjid yang mirip dengan Masjid Nabawi. Payung berdiameter 14 meter tersebut biasanya dikembangkan saat perayaan besar seperti salat Idul Fitri dan Idul Adha.

 


Ada pula 25 pilar yang sengaja didesain mirip dengan Coloseum yang ada di Kota Roma, Italia. Jumlah pilar tersebut merupakan representasi jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui dalam agama Islam. Di pintu gerbang, pengunjung bisa melihat tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’ yang artinya “Kemauan dan upaya yang tulus membawa ke arah ridha Allah” dalam huruf Arab Melayu serta dua kalimat syahadat.

Menara Asmaul Husna yang memiliki tinggi 99 meter juga tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah. Para pengunjung diperbolehkan untuk naik ke puncak menara ini dan melihat pemandangan Kota Semarang serta masjid dari ketinggian. Sedikit catatan, Sobat akan dikenakan biaya kalau naik ke puncak menara ini.

Pagoda Avalokitesvara

 


Tempat wisata berikutnya adalah Pagoda Avalokitesvara yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati wisata multi etnis. Pagoda yang menjadi bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong ini memiliki ketinggian 45 meter dan terdapat 7 lantai. Pada masing-masing lantai terdapat patung Dewi Kwan Im yang diposisikan menghadap ke empat penjuru mata angin.

Tempat wisata di Semarang ini memiliki bentuk yang unik, tidak jauh berbeda dengan pagoda yang ada di negeri Tiongkok. Para wisatawan yang datang ke pagoda ini kerap menghabiskan waktunya untuk berfoto dengan latar belakang pagoda. Kalau mau, wisatawan juga bisa mengikuti ritual tjiam shi yang bertujuan untuk meramal nasib. Ritual ini kerap dilakukan oleh umat Budha yang tengah beribadah di kompleks vihara.

Klenteng Sam Po Kong


Rasanya belum afdol jika berkunjung ke Semarang tidak menyambangi klenteng yang satu ini. Sam Po Kong merupakan tempat persinggahan Cheng Ho, seorang laksamana Tiongkok yang diketahui memeluk agama Islam. Karena meyakini agama Islam, beliau memutuskan untuk membangun masjid yang kini bernama Klenteng Sam Po Kong. Tempat ini tidak hanya digunakan untuk sembahyang umat Kong Hu Chu, namun masyarakat yang memiliki paham Kejawen dan lainnya juga melalukan ziarah.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti


Setelah melakukan wisata yang cukup menguras tenaga, tidak ada salahnya jika Sobat istirahat sambil menikmati dinginnya kota Semarang dengan kopi dan roti panggang di salah satu kafe favorit para wisatawan. Lokasi pondok ini terletak di bagian atas kota Semarang tepatnya di Umbul Sidomukti. Walaupun butuh effort yang cukup untuk sampai lokasi ini, Anda tidak akan menyesal karena selain menyediakan pondok kopi, tempat ini juga menyediakan fasilitas dan layanan lainnya, seperti taman renang alam, camping ground, pondok wisata, lalu ada juga tempat untuk menjalani outbound training, lho! Jadi seru jika mampir ke sini bersama sahabat sambil melakukan aktivitas di alam terbuka.

 

 Wah seru bukan Sobat? jadi Sobat Tak Hanya Yogyakarta, sekarang Semarang Juga Memiliki Tempat Wisata Menarik untuk Dikunjungi semoga bermanfaat!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.