Di Desa Wisata New Ngelepen Banyak Ditemui Rumah Teletubbies
Jumat, 20/03/2015 - 09:37 WIB
images-artikel/kecil/newngalepen.png
Sumber: sidomi.com
 
 
Jakarta -

Rumah yang berarsitektur mirip kediaman tokoh anak Teletubbies dapat ditemukan di Yogyakarta. Deretan "rumah Teletubbies" bisa dengan mudah dijumpai di Desa Ngelepen, Yogyakarta. Desa ini pada tahun 2006 silam, menjadi wilayah yang cukup parah kerusakannya akibat gempa yang melanda Yogya dan sekitarnya. Banyak rumah warga yang hancur dan mereka memerlukan kediaman pengganti dengan segera.
 
 

Akhirnya, dibuatlah rumah kubah (dome) seperti pada film Teletubbies. Rumah ini konon lebih tahan terhadap gempa ketimbang bentuk rumah umumnya di Jawa. Rumah dome dibangun oleh LSM Domes for the World Foundation dengan niat awal sebaai rumah sementara bagi korban gempa yang tidak punya tempat tinggal.

 

 

Akhirnya seiring berjalannya waktu, kompleks rumah dome justru menjadi daya tarik wisata. Jadilah kemudian desa wisata yang diberi nama New Ngelepen. Bentuk rumah dome ini serupa dengan wujud setengah lingkaran bola, dengan bagian yang rata sebagai alasnya. Warna dari rumah-rumah dome ini adalah putih.

 

 

Dikutip dari Detik Travel, kekuatan gempa Yogya kala itu memang dahsyat. Beberapa bangunan lama yang tersisa terlihat memiliki retakan yang kemudian diplester semen. Bagi rumah yang tidak kuat bahannya, kemungkinan runtuh saat terjangan gempa terjadi.

 

 

Untuk berkunjung ke desa wisata New Ngelepen bisa ditempuh dari Yogyakarta menuju jalur utama arah Wonosari. Saat menemui menemui rel kereta api, nantinya ada penanda di sebelah kiri yang menerangkan arah menuju Desa Ngelepen. Tinggal ikuti saja arah tersebut.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-