4 Kesalahan Para Pencari Kerja Saat Mendatangi Job Fair, Pernah Lakukan Salah Satunya?
Minggu, 09/07/2017 - 12:26 WIB
images-artikel/kecil/2-2017.jpg
Sumber: Bing.com
 
 
Jakarta -

Sobat Souja, diselenggarakannya Job Fair merupakan sebuah peluang besar bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan impian. Tak hanya satu perusahaan, Job Fair umumnya dihadiri oleh puluhan perusahaan yang tengah mencari kandidat karyawan. Meski Job Fair diadakan beberapa kali oleh penyelenggara yang berbeda setiap tahunnya, peminatnya tak pernah sepi. Namun, para pencari kerja kerap kali tak menyadari kesalahan yang sudah mereka lakukan kala menghadiri sebuah Job Fair, benarkah? 


Melansir Usatoday.com, apa saja hal tersebut? 


Datang tanpa riset
Entah karena baru mengetahui informasi penyelenggaraan sebuah Job Fair tepat di hari-H, atau ada alasan lain, kesalahan ini cukup riskan. Sebelum menghadiri Job fair, selayaknya kamu mencari tahu tentang penyelenggara acara dari situs resmi. Kemudian lihat daftar perusahaan yang berpartisipasi sebagai bahan pembuatan resume. Jangan lupa memperdalam pengetahuan tentang masing-masing perusahaan yang diincar. Saat mendatangi booth perusahaan tersebut, kamu bisa berbicara dengan perwakilan perusahaan berdasarkan informasi yang sudah kamu himpun. Percayalah, kamu akan mendapatkan nilai plus dari mereka karena antusiasme tersebut. 


Berpakaian seadanya atau berlebihan
Hey! Melihat pakaianmu saja sudah membuat perwakilan perusahaan mengernyitkan dahi. Tunjukkan keseriusanmu dengan menggunakan pakaian layak, office wear. Tak perlu pula berdandan heboh atau menggunakan make-up berlebihan bagi wanita. Penampilan menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan kandidat karyawan. 


Lupa menyiapkan diri untuk interview
Job Fair juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk menjalani walk-in interview. So, kamu pun harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jangan sampai kesempatan tersebut hanya lewat sekejap mata karena kamu kurang persiapan. Satu hal, walk-in interview saat Job Fair diselenggarakan dalam waktu sangat terbatas, mengingat jumlah peserta yang lebih banyak. Sobat harus punya formula jitu untuk mengesankan sang pewawancara dalam waktu singkat. Informasi yang diberikan saat wawancara harus singkat, padat, jelas. 


Bekeliling ruangan, baru menyerahkan aplikasi lamaran
Berkeliling, buang-buang waktu. Saat menuju booth perusahaan impian, hampiri booth tersebut, lihat kualifikasi karyawan yang tengah dibutuhkan. Jika cocok, langsung serahkan aplikasi lamaranmu. Sebelum meninggalkan booth, tanyakan beberapa informasi yang ingin kamu ketahui. Jangan buang-buang waktu dengan berkeliling terlebih dahulu. Gunakan waktu waktu seefisien mungkin. 


Nah, itu tadi 4 kesalahan umum yang kerap dilakukan para pencari kerja di Job Fair. Apakah kamu pernah melakukan salah satunya? 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-