5 Hutan Paling Indah di Dunia
Rabu, 19/11/2014 - 09:50 WIB
 
 
Jakarta -

Hutan adalah area yang ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan lainnya. Hutan merupakan bagian penting dari ekosistem. Selain berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menyediakan cadangan air dan oksigen, hutan juga menjadi habitat bagi flora dan fauna. 


Hampir 10 persen dari seluruh bagian bumi terdiri dari hutan. Di setiap negara terdapat hutan yang jenisnya bermacam-macam. Ada hutan hujan tropis, sabana, maupun hutan pinus dan cemara yang menjadi karakteristik hutan di daerah beriklim dingin seperti Eropa dan Amerika.Beberapa wilayah hutan dilindungi pemerintah sebagai kawasan konservasi, sementara sebagian lagi dijadikan kawasan wisata karena pemandangannya yang indah. Berikut ini adalah 5 Hutan Paling Indah Di Dunia yang dirangkum dari berbagai sumber untuk Anda.


1.Hallerbos, Belgia

Hallerbos adalah hutan dengan kondisi alam unik yang terletak di kawasan Halle, 15 kilometer dari ibukota Belgia, Brussel. Hallerbo berasal dari bahasa Belgia untuk kata hutan Hallle. Menurut Eupedia, hutan ini menjadi rute favorit para pejalan kaki dan pengendara sepeda yang bermukim di sekitar Halle. Pada musim semi Hallerbos menjelma menjadi hutan cantik yang dipenuhi hamparan ungu bunga bakung hyacinth.Dulunya hutan ini adalah bagian dari Hutan Sonian, hutan teluas di Eropa yang terbentang di bagian selatan Brussel. Kecantikan Hutan Hallerbos sering dibanding-bandingkan dengan keindahan Padang Bunga Keukenhof di Amsterdam, Belanda. Tetapi yang menjadikan hutan ini lebih unik dibandingkan dengan Keukenhof adalah Hallerbos terbentuk secara alami.Sementara bunga-bunga di Keukenhof sengaja ditanam oleh manusia. Karena Hallerbos merupakan hutan milik umum, jadi pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun jika ingin memasuki area hutan dan menyaksikan keindahan bunga-bunga hyacinth biru di sana.


2.Black Forest, jerman

Black Forest adalah hutan yang terletak di kawasan Baden-Wurttemberg, Jerman bagian barat. Hutan ini mencakup area yang sangat luas. Di dalamnya terdapat beberapa desa bernilai sejarah.Hutan tersebut menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan lembah-lembah, sungai jernih, dan pepohonan tinggi menjulang yang diselingi dengan bunga-bunga cantik. Hutan ini dinamai Black Forest karena pepohonannya yang lebat dan kabut tipis yang sesekali menyelimuti areal hutan hingga mengesankan seperti hutan gelap yang ada dalam cerita-cerita dongeng.


3.Hutan Sagano, Jepang

Di daerah Arashiyama, bagian barat Kota Kyoto, Jepang terdapat sebuah hutan bambu yang diberi nama Sagano. Hutan ini memiliki nilai sejarah bagi warga Jepang. Karena itulah kelestariannya sangat dijaga oleh departemen kebudayaan pemerintah. Di dalam hutan sagano terdapat jalan setapak sepanjang 500 meter yang di kedua sisinya dipenuhi pohon bambu Jepang.Jika berjalan di jalan setapak yang ada di tengah hutan, pengunjung akan merasakan suasana sejuk yang dihasilkan oleh ratusan pohon bambu di sana dan suara gemerisik daun yang tertiup angin. Konon suara tersebut dianggap mampu memberikan ketenangan tersendiri bagi siapapun yang mendengar, sampai pemerintah Jepang menyatakan bunyi gemerisik pohon bambu di Sagano sebagai salah satu dari bunyi-bunyian di Jepang yang harus dilestarikan.


4.Flower Forest Botanical Garden, Barbados

Flower Forest Botanical Garden merupakan taman nasional sekaligus kawasan konservasi yang berlokasi di St. Joseph, Distrik Richmond, Barbados. Menurut situs resmi Flower Forest Botanical Garden, taman seluas 10 acre ini meliputi sebuah taman botani seluas 3, 6 acre. Sementara sisanya merupakan hutan liar yang keaslian kondisi alamnya masih terjaga. Keistimewaan hutan bunga Barbados ini adalah bunga-bunga tropis di dalamnya yang mekar bergantian sepanjang tahun. Tempat ini merupakan objek wisata populer di Barbados. Biasanya pasangan yang hendak berbulan madu memilih tempat ini sebagai tempat berlibur.


5.Hutan Gunung Salju Baima, China

Hutan Gunung Salju Baima adalah hutan yang terletak di kawasan pegunungan Diqin, Perfektur Yunnan. Hutan yang dipenuhi rumpun bunga azalea ini merupakan hutan alami yang kondisinya cukup terjaga. Pemerintah menjadikan area hutan ini sebagai kawasan konservasi untuk menjaga keasliannya. Selain pemandangan bunga-bunganya yang menakjubkan, tempat ini juga merupakan habitat asli dari tumbuhan langka dan hewan yang dilindungi seperti monyet emas Yunnan.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Senin, 03/11/2014 - 09:24 WIB
Selasa, 04/11/2014 - 18:10 WIB
Jumat, 21/11/2014 - 10:12 WIB
Jumat, 07/11/2014 - 17:00 WIB
Sabtu, 01/11/2014 - 10:01 WIB
Kamis, 20/11/2014 - 09:51 WIB