Dewasa ini, emansipasi wanita sudah bergerak hampir ke seluruh sendi kehidupan termasuk beberapa profesi yang dahulu didominasi oleh laki-laki dan dian" />
5 Pekerjaan Laki-laki yang Mulai Dijajal Perempuan
Selasa, 26/07/2016 - 11:05 WIB
images-artikel/kecil/female-security-guard.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Dewasa ini, emansipasi wanita sudah bergerak hampir ke seluruh sendi kehidupan termasuk beberapa profesi yang dahulu didominasi oleh laki-laki dan dianggap terlalu macho, kini mulai dijalani perempuan. Sebagai bukti, berikut ini 5 pekerjaan identik bagi laki-laki yang dijalani oleh perempuan, apa saja? 


Sopir Bus, ojek dan taxi
Profesi yang sebelumnya didominasi oleh pria ini kini mulai marak dilakukan oleh perempuan juga. Kesan ke-macho-an pekerjaan ini pun mulai luntur setelah banyak bus mulai diawaki oleh perempuan. Apalagi, munculnya start up bisnis memberi peluang wanita menjadi tukang ojek dan taxi. Mereka bahkan lebih sabar ketika mengemudi dan juga tahan stress menghadapi kemacetan ibukota yang makin mengila.


Bartender
Profesi yang identik dengan dunia malam ini dulu didominasi laki-laki karena stigma yang melekat dengan profesi ini seperti kerja sampai pagi dan berkaitan dengan minuman beralkohol dianggap kurang sesuai untuk perempuan. Namun di zaman yang makin modern, kaum hawa kini sudah banyak yang berani mendobrak anggapan ini dan bekerja sebagai bartender di kafe dan bar ternama. Kinerja mereka pun tak kalah dengan bartender laki-laki. Toh, tak ada bedanya racikan minuman yang dihasilkan bartender laki-laki dengan perempuan. 


Fotografer
Saat ini orang yang berprofesi sebagai fotografer bisa dikatakan seimbang antara laki-laki dan perempuan. Kemampuan dalam menghasilkan gambar pun tak kalah antara keduanya. Banyak fotografer perang yang juga perempuan dan mereka harus bekerja keras mengambil gambar di bawah desingan peluru.  Anehnya walaupun mereka berprofesi sama, menurut the Nation Endowment for the Arts, gaji yang diberikan untuk fotografer perempuan dan pria justru tidak sama. Misalnya saja pada tahun 2008, gaji fotografer laki-laki sebesar US$ 35 ribu, sementara fotografer perempuan dibayar setengahnya. Waduh. 


Pilot 
Pilot perempuan menempuh ujian yang sama beratnya dengan pilot laki-laki. Mereka juga memiliki tanggung jawab berat untuk bisa membawa penumpang dengan selamat ke tempat tujuan. Meski jumlahnya masih jarang, tapi percayalah suatu saat nanti pilot-pilot cantik bakalan berseliweran di bandara. 


Aparat keamanan atau Security
Profesi keamanan seperti polisi, tentara, dan petugas pengamanan lainnya, mulai jadi incaran kaum hawa. Apalagi pemakai fasilitas publik juga banyak yang perempuan, yang pastinya merasa nyaman bila petugas keamanannya juga seorang perempuan. Untuk menjadi anggota satuan pengaman, perempuan juga dibekali dengan pendidikan dasar pengamanan. Kelebihannya? Kadar sensitivitas perempuan yang lebih tinggi dibanding laki-laki sehingga mereka lebih disukai.


So, percaya deh... perempuan dan laki-laki punya hak yang sama untuk mendapatkan pekerjaan dan profesi terbaik. Pada akhirnya sikap ulet, pantang menyerah yang dilandasi dengan doa tulus merupakan faktor penjemput kesuksesan, terlepas dari jenis kelaminnya, laki-laki atau perempuan. 


 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-