5 Tips Cari Kerja di Bidang yang Berbeda
Jumat, 19/12/2014 - 15:01 WIB
 
 
Jakarta -

Sobat lulusan ekonomi yang minat dengan dunia broadcasting? Atau sobat adalah insinyur yang ingin menjadi koki? Latar pendidikan biasanya dijadikan pijakan bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya. Namun jika sobat menginginkan bekerja di tempat lain yang sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan latar pendidikan dan pengalaman kerja juga tidak ada masalah. Namun biasanya orang-orang akan langsung men-judge sobat mengapa seorang lulusan ekonomi ingin menjadi penulis, misalnya. 

Meski demikian sobat jangan langsung putus asa. Ada banyak kok yang sukses atau bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Hal ini karena banyak orang yang menganggap hal ini sedikit aneh. Tapi jangan sampai hal ini menurunkan semangat sobat ya!

Berikut ini ada 5 tips mencari kerja di bidang berbeda dari yang sedang sobat dalami saat ini, dikutip dari laman JobsDB. Semoga bermanfaat!

Catat segala keahlian
Ambil selembar kertas dan tulislah pengalaman-pengalaman kerja sobat, kelebihan, serta keahlian yang sobat miliki. Jangan batasi diri hanya pada jabatan di kantor dan berpikir bahwa jabatan sobat sebelumnya tidak relevan dengan posisi baru yang sedang diincar. Benar-benar seleksi apa yang sobat lakukan satu-persatu untuk menemukan keahlian yang relevan untuk pekerjaan selanjutnya. Tulis juga semua program dan teknologi yang dikuasai. Gunakan pengalaman dan keahlian ini untuk menjual diri sobat di pekerjaan selanjutnya.

Rela berakit-rakit ke hulu
Banting setir ke bidang baru memang membuat sobat harus rela menelan harga diri dan gengsi. Bahkan jika pada pekerjaan sebelumnya kamu sudah mencapai jenjang yang lumayan tinggi, jangan berharap sobat bisa langsung ditempatkan di posisi yang sama tingginya. Jika sobat rela memulai dari bawah, itu akan menunjukkan bahwa sobat kooperatif dan selalu ingin belajar lebih banyak.

Jual diri lewat surat lamaran
Resume memang penting, namun jangan lupakan pula kekuatan surat lamaran. Tuliskan apa yang tidak ada di resume sobat sebelumnya dan buatlah seunik mungkin untuk menunjukkan bahwa sobat adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut. Pastikan juga sobat mengetahui tentang perusahaan yang dilamar, agar sobat bisa mengaitkan visi dan misi perusahaan dengan tujuan sobat melamar.

Benahi resume
Biarpun selama ini sobat merasa resume sobat telah oke, pindah kerja ke bidang lain memaksa sobat untuk melakukan beberapa revisi. Lihat pengalaman kerja yang lama dan tulis ulang deskripsinya agar cocok dengan keahlian yang dibutuhkan perusahaan yang baru. Buat pengalaman kerja sobat mendukung posisi baru yang diincar, meskipun berbeda bidang.

Siapkan wawancara dengan baik
Wawancara mungkin adalah tahap yang cukup menegangkan. Cari tahu segala hal tentang perusahaan yang sobat lamar sebelum wawancara. Cari tahu juga tentang posisi yang sobat lamar secara detail, sehingga sobat mampu menjawab pewawancara nantinya. Pewawancara pasti mempertanyakan mengapa sobat melamar pekerjaan di bidang yang berbeda dengan latar belakang pendiidkan dan pengalaman. Jangan gentar, jawablah dengan yakin dan gunakan pengalaman-pengalaman sobat untuk meyakinkan pewawancara bahwa sobat adalah orang yang tepat.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-