Banaue Rice Terrace, Sawah Irigasi Termegah di Filipina
Minggu, 02/11/2014 - 10:58 WIB
 
 
Jakarta -

Banaue Rice Terrace adalah sejenis sawah irigasi di Filipina yang sudah berumur sekitar 2000 tahun. Sawah irigasi kuno ini serupa dengan sistem sawah terasering yang ada di Indonesia.


Dilihat dari bentuknya, Banaue Rice Terrace sama persis dengan sawah terasering di Indonesia yang biasanya sering kita jumpai di Pulau Jawa dan Bali. Yang membedakan antara Banaue Rice Terrace di Filipina dan sawah terasering di Indonesia adalah umur dari Banaue Rice Terrace ini. Karena berumur sekitar 2000 tahun, Banaue Rice Terrace ini disebut sebagai sawah terasering tertua di dunia. Bila ditelusuri dari kondisi geografinya, Banaue Rice Terrace sebenarnya terletak di kawasan Gunung Ifugao di Filipina dan memiliki ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.


Masyarakat Filipina tampaknya sangat puas dan bangga dengan adanya sawah terasering yang sempat dinominasikan sebagai kandidat keajaiban dunia ke delapan ini. Masyarakat Filipina sendiri juga sangat berharap bahwa Banaue Rice Terrace ini bisa menjadi salah satu keajaiban dunia karena akan mengangkat nama negara mereka di kancah dunia. Melihat dari catatan sejarah, Banaue Rice Terrace ini dahulu kala dibuat oleh para nenek moyang Bangsa Filipina dengan menggunakan peralatan yang masih sederhana.


Dan yang paling menakjubkan dari situs ini yaitu luar biasanya sistem pengairan yang ada. Tampaknya, para penduduk yang mendiami situs ini dahulu telah membuat sistem pengairan sedemikian rupa dengan sumber pengairan berasal dari hutan yang terletak di atas sawah-sawah tersebut. Hingga saat ini, sawah terasering ini masih dimanfaatkan oleh warga sekitar Gunung Ifagao sebagai lahan untuk menanam berbagai macam tanaman.


Namun satu hal yang perlu diwaspadai oleh penduduk sekitar yaitu bahaya ancaman erosi yang bisa saja sewaktu-waktu merusak sawah terasering yang unik dan hanya satu-satunya di Filipina ini. Dan untuk menghindari kerusakan yang bisa sewaktu-waktu menimpa salah satu aset negara Filipina ini, pemerintah setempat telah menyediakan berbagai macam upaya rekonstruksi secara terus menerus agar Banaue Rice Terrace ini akan tetap lestari.


Berkat munculnya Banaue Rice Terrace sebagai salah satu primadona wisata di Filipina, kini banyak wisatawan khususnya wisatawan asing yang berkunjung untuk memenuhi rasa penasaran mereka. Udara pegunungan yang masih fresh serta aslinya medan pegunungan telah membuat para traveller terutama mereka yang memiliki jiwa petualang bisa menguji adrenalin mereka dengan melalui akses yang tidak biasa dikunjungi oleh para wisatawan pada umumnya. Pastikan anda mengunjungi Banaue Rice Terrace yang berada di kawasan Gunung Ifugao, Filipina, dan rasakan sensasi keindahannya.


Anda juga bisa membandingkan terasering ini dengan terasiring yang ada di daerah tempat tinggal anda jika anda adalah wisatawan asli Indonesia yang tinggal di daerah pegunungan. Meskipun tampak sama, namun pastinya memiliki beberapa perbedaan bukan? Filipina bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang pas untuk anda para warga Indonesia karena jaraknya yang cukup dekat serta histori kebudayaan yang hampir sama pastinya menjadi pertimbangan bagi anda. Silahkan segera kunjungi Banaue Rice Terrace ini dan nikmati pula objek-objek wisata lainnnya di Filipina.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Senin, 03/11/2014 - 09:24 WIB
Selasa, 04/11/2014 - 18:10 WIB
Jumat, 21/11/2014 - 10:12 WIB
Jumat, 07/11/2014 - 17:00 WIB
Sabtu, 01/11/2014 - 10:01 WIB
Kamis, 20/11/2014 - 09:51 WIB