Info Tempat Wisata Jakarta Barat
Selasa, 16/09/2014 - 11:52 WIB
 
 
Jakarta -

Hallo sobat souja yang berkediaman di Jakarta Barat dan yang ingin berwisata yang dekat daerah anda, Tim Souja telah menghimpun dari berbagai Informasi berikut tempat wisata yang terdapat di Jakarta Barat
1.Gedung Arsip Nasional

Di jalan Gajah Mada yang begitu padat dengan pertokoan dan gedung-gedung bertingkat yang saling berhimpit seakan tidak mau menyisakan ruang sedikitpun, ada sebuah bangunan yang cukup mencolok. Bangunan tersebut memiliki halaman yang sangat luas, berdiri tegar dengan gaya arsitektur Renaissance yang anggun dan artistik.Memasuki pintu gerbang, kita akan melewati jalan menuju gedung utama yang ditata dengan menggunakan batu-batu kecil berwarna merah. Di tengah halamannya terdapat sebuah kolam kecil yang berisi tanaman bunga teratai dikelilingi tanaman-tanaman. Bangunan ini bernama Gedung Arsip Nasional. Bangunan ini dibangun pada tahun 1760 oleh Reiner de Klerk (1710-1750), selain sebagai arsitek gedung ini Reiner de Klerk juga tercatat sebagai gubernur jendral VOC pada tahun 1777. Tanahnya sangat luas, dengan lebar 57 M dan panjang 164 M, tetapi dulu tanah yang dimilikinya lebih luas lagi yaitu sampai ke sungai Krukut. Rumah de Klerk pada masa lalu beberapa kali berpindah kepemilikan, sehingga pada abad ke-19 berubah menjadi panti asuhan. Pada saat itu bangunan mulai terbengkalai karena kekurangan dana untuk perbaikan. Akibatnya pada tahun 1900 ada rencana membongkar rumah tersebut. Perkumpulan Batavia untuk Seni dan Ilmu Pengetahuan kemudian melobi Pemerintah Hindia Belanda untuk membeli rumah De Klerk. Mereka berhasil dan bangunan tersebut menjadi Departemen Pertambangan.

Lokasi
Jl. Gajah Mada No. 111
Jakarta
Telp : (021) 6347744

Jam Operasional
Selasa – Minggu : 09.00 – 17.00
Senin : Tutup
Biaya masuk gratis


2.Masjid angke

Masjid Angke adalah salah satu masjid tua dan masih tetap bertahan, dan kuat, di tengah-tengah permukiman padat Kota Jakarta. Masjid Jami Angke, yang nama resminya adalah Masjid Al-Anwar, lokasinya berada di Gg. Masjid No. 1 sebelah selatan Jalan Pangeran Tubagus Angke RT 01/RW 05, Kampung Rawa Bebek, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kendaraan harus parkir di tepi Jalan Tubagus Angke yang lalu lintasnya cukup padat, karena posisi Masjid Jami Angke berada dalam sebuah gang yang kecil. Mulut Gang Masjid, yaitu gang masuk ke dalam lokasi Masjid Jami Angke berada pada GPS -6.14264, 106.79609. Setelah berjalan sekitar 50 meter dari mulut gang, tampaklah Masjid Jami Angke dengan pintu masuk berada di sebelah kanan.

Lokasi
Gg. Masjid No. 1, Jalan Pangeran Tubagus Angke RT 01/RW 05, Kampung Rawa Bebek,
Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat
Telp. 021-6348768

Tidak ada tiket masuk, sumbangan diharapkan.


3.Masjid kebon jeruk
 
Masjid Kebon Jeruk merupakan sebuah masjid berusia lebih dari dua abad yang berada bukan di daerah Kebon Jeruk seperti saya duga sebelumnya, namun di Jalan Hayam Wuruk No. 85, Kelurahan Maphar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Nama Kebon Jeruk diberikan karena konon di tempat itu dulu banyak terdapat kebon jeruk, yang tentu saja sekarang sudah tidak ada bekasnya.

Lokasi
Jalan Hayam Wuruk No. 85, Kelurahan Maphar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat
GPS: -6.155622,106.818395 (lihat Peta)

Jam buka
Setiap saat

Tiket
Tidak ada tiket masuk, sumbangan diharapkan.


 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-