Jokowi Dijadwalkan Bertemu Obama di KTT APEC
Senin, 10/11/2014 - 10:37 WIB
images-artikel/kecil/jokowi obama.jpg
Sumber: merdeka.com
 
 
Jakarta -

Menurut informasi dari Gedung Putih, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya dalam forum KTT APEC (Konferensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik) yang resmi dibuka hari ini, Senin (10/11/2014) di Beijing, Cina. 
 
Dalam pertemuan APEC, Obama juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Tony Abbot, kata Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice seperti dilansir dari BBC.
 
Jokowi dan Obama
sumber; bbc.co.uk/indonesia 
 
Presiden Jokowi bertolak ke Beijing dengan pesawat kepresidenan pada Sabtu (08/11) pukul 09.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakata. Ini merupakan lawatan internasional pertama Jokowi setelah dilantik sebagai presiden RI. 
 
Sementara itu, pada kedatangan Presiden Jokowi di Beijing, pejabat dari Kementerian Luar Negeri Cina serta KBRI menyambut Jokowi di bandara. Di KTT APEC yang dihadiri para pemimpin dunia itu, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato yang memaparkan prospek pembangunan ekonomi Indonesia di bawah kepemimpinannya.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene mengatakan, selain bertemu dengan sejumlah pemimpin negara, presiden juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pelaku bisnis. 
 
Di KTT APEC kali ini, presiden Jokowi memiliki tiga agenda yang akan disampaikan. Pertama, terkait terbentuknya suatu masterplan konektivitas, atau keterhubungan, antara negara-negara APEC. Keterhubungan itu sejalan dengan prioritas Indonesia yang dicanangkan oleh presiden, dan kuncinya terutama terletak pada pengembangan infrastruktur.
Jokowi KTT APEC
sumber: bbc.co.uk/indonesia 
 
"Kedua, presiden akan membawa isu maritim. Jadi dalam kerjasama APEC, Indonesia mendorong agar kelautan menjadi salah satu isu utama dalam pembahasan berbagai kerja sama di berbagai bidang," jelas Michael, sseperti dikutip dari laman BBC.
 
"Ketiga, tentang pengembangan produk, terutama yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak, khususnya produk-produk yang menjadi kepentingan Indonesia."
 
Jokowi KTT APEC
sumber: bbc.co.uk/indonesia  
 
Setelah menghadiri KTT APEC pada 8-12 November, presiden dijadwalkan hadir pada ASEAN Summit di Myanmar pada 12-14 November. Kemudian pada 15-16 November, Jokowi akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Brisbane, Australia.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 03/05/2018 - 07:43 WIB
Rabu, 02/05/2018 - 04:28 WIB
Selasa, 01/05/2018 - 07:02 WIB