Pura Aditya Jaya, Pura Terbesar di Jakarta
Selasa, 28/10/2014 - 13:50 WIB
 
 
Jakarta -

Pura Aditya Jaya adalah sebuah pura Hindu yang lokasinya berada di daerah Rawamangun, Jakarta. Lokasi Pura Aditya Jaya tepatnya berada di Jl. Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun, Jakarta 13220. Gambar di atas adalah pintu gapura untuk memasuki bagian dalam Pura Aditya Jaya, dilihat dari tempat parkir yang arealnya mampu menampung cukup banyak kendaraan roda empat.


Areal parkir ini terhubung dengan jalan By Pass melalui sebuah pintu gerbang lagi. Kedua pintu gerbang ini hampir selalu tertutup, kecuali barangkali ketika ada upacara keagamaan yang besar. Gapura yang memisahkan wilayah bagian luar dan wilayah bagian tengah Pura, yang terlihat pada gambar di atas, disebut Candi Bentar. Terdapat dua Candi Bentar di Pura Aditya Jaya ini, dimana yang satunya lagi berada di pintu masuk sebelah timur.


Pura Aditya Jaya dibangun dalam tujuh tahapan, dimana tahap pertama dimulai pada tahun 1972, dan tahap terakhir dilakukan pada tahun 1997. Wilayah Pura Aditya Jaya ini cukup luas, diisi dengan bangunan-bangunan dan ornamen bergaya khas Bali, dan terlindung dari panasnya kota Jakarta oleh pohon-pohon besar yang rindang di sekeliling kompleks.


Tentu saja sangat menggembirakan bahwa masyarakat yang beragama Hindu memiliki Pura besar di Jakarta ini, tidak saja bisa mereka pergunakan untuk melakukan ritual keagamaan, namun baik juga untuk masyarakat umum yang ingin menikmati keheningan dan kedamaian hati di dalam sebuah candi di tengah hingar bingarnya lalu lintas dan kehidupan yang keras di kota metropolitan ini.


Lokasi

Jl. Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun
Jakarta Timur
Telp. 021-4705758, 4752750

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-