Acara GiveBack Creativity Through Handicraft
Selasa, 13/01/2015 - 08:30 WIB
 
 
Jakarta -
Acara GiveBack Creativity Through Handicraft - ini merupakan acara edupreneur & marketing dalam bidang paper quilling.

 

Paper quilling adalah seni menggulung kertas, hasil gulungan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan. Di Indonesia sendiri Paper Quilling sudah mulai cukup populer, tetapi belum sepenuhnya menyebar.


Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, sejarah seni menggulung kertas ini awalnya ada di Eropa sejak abad ke-17, pada awalnya namanya adalah paper filigree atau roll work. Di negara Perancis dan Italia pada masa itu, seni paper quilling ini digunakan oleh para biarawan untuk menghiasi ornamen yang bersifat keagamaan.

 

Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. Putri tsb rajin memberi hadiah kepada teman²nya berupa benda² yang telah diberi hiasan paper filigree. Hadiah pemberiannya yang paling terkenal, yaitu kotak perhiasan.

 

Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika. Penggunaannya tidak lagi terbatas pada ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.

 

Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling. Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.

 

Bagi sobat Souja yang tertarik mengikuti acara ini, berikut informasinya:

 

Acara GiveBack Creativity Through Handicraft
diselenggarakan tanggal 18 Januari 2015
at Panti Asuhan Vincentius Puteri jakarta
Jl. Otto Iskandardinata (Otista) Raya No.76 Jakarta Timur.


Acara akan dimulai pada pukul 11.00-15.30 wib dan dihadiri oleh Komunitas Kertas Quilling Bogor. Untuk informasi lebih lanjut, follow twitter penyelenggara di @ceweQuat.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-