Aktivitas Apa Saja Yang Dapat Membahayakan Tulang Punggung?
Sabtu, 28/07/2018 - 05:20 WIB
images-artikel/kecil/salah tidur.jpg
Sumber: Hello Sehat
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, Tulang punggung merupakan salah satu tulang yang paling penting di tubuh kita. Karena selain terdapat banyak saraf penting, tulang inilah yang menyangga tubuh kita setiap hari.


Sedikit kerusakan atau cedera pada tulang punggung bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang secara menyeluruh. Misalnya saja saat akan berolahraga dan lupa melakukan pemanasan, bisa menyebabkan nyeri punggung yang sangat membuat tidak nyaman. Dan berikut adalah cara mencegah nyeri punggung dan beberapa kebiasaan yang kerap tidak disadari merusak susunan tulang tersebut.


Berhati- hatilah jika melakukan beberapa hal ini, karena bisa saja kebiasaan tersebut bisa merusak tulang punggung Anda.


1. Terlalu sering memakai sepatu hak tinggi


Memakai sepatu hak tinggi bisa menyebabkan kelengkungan tulang punggung dan keluar dari keselarasan. Ini bisa mempengaruhi postur tubuh dan menyebabkan punggung serta pinggul bisa melentur.


2. Angkat beban di gym


Jika Anda melakukan angkat beban di gym, sebaiknya berada dalam pengawasan seorang ahli. Apabila melakukan angkat beban dengan bobot yang terlalu berat, terutama jika tidak terbiasa, bisa merusak tulang belakang.


3. Tas yang berat


Membawa tas yang terlalu berat, entah tas belanja atau ransel, bisa membuat tubuh bersandar pada satu sisi atau lebih maju.


Jika tubuh tetap miring untuk durasi yang lama, hal ini bisa menyebabkan sakit leher dan merusak tulang belakang. Hindarilah membawa tas dengan beban terlalu berat dengan frekuensi terlalu sering.


4. Menggunakan ponsel


Kebiasaan ini seakan menjadi suatu hal yang diremehkan. Ketika seseorang menunduk atau memiringkan leher saat menggunakan ponsel, ini memberikan banyak tekanan pada tulang punggung Anda.


5. Posisi tidur yang salah


Tidur tengkurap bisa buruk bagi tulang belakang. Ini menempatkan tekanan pada lengkungan tulang belakang dan leher, yang bisa mengarah ke nyeri sendi, leher, dan punggung.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-