Anda Terkena Gigitan Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya
Minggu, 21/01/2018 - 08:46 WIB
images-artikel/kecil/es-batu.jpg
Sumber: Liputan Islam
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, tidak ada orang yang suka dengan gigitan nyamuk. Selain menyebabkan gatal yang konstan dan menyebalkan, gigitan nyamuk juga bisa meninggalkan bekas tak sedap pandang di kulit mulusmu.


Lalu, bagaimana cara yang aman dan alami untuk mengobati gigitan nyamuk? Berikut adalah beberapa perawatan rumahan untuk mengatasi gigitan nyamuk.


Lemon


Lemon mengandung sifat anti inflamasi yang membuatnya sangat berguna untuk menyembuhkan gigitan nyamuk. Oleskan jeruk lemon di atas kulit untuk mengurangi munculnya infeksi.


Bawang putih


Bawang putih membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk. Cukup oleskan bawang putih ke area yang terkena dan segera bersihkan setelah beberapa menit.


Baking soda


Baking soda sangat efektif dalam menyembuhkan gatal akibat gigitan nyamuk. Sebabnya, baking soda bersifat basa dan berguna untuk menetralkan pH kulit. Caranya adalah oleskan baking soda yang sudah dicampur dengan air.


Lidah buaya


Lidah buaya diketahui memiliki sifat antiseptik alami yang membuatnya menjadi obat yang sangat baik untuk menghalau gigitan nyamuk. Lidah buaya berguna mengurangi rasa sakit, bengkak, dan gatal.


Garam


Garam merupakan pengobatan paling mudah dan alami untuk menyembuhkan gigitan nyamuk karena sifat anti septik dan anti inflamasinya.


Es batu


Es batu juga menjadi pengobatan sederhana untuk mengobati gigitan nyamuk. Hal ini disebabkan karena suhu dingin es batu membatasi distribusi zat peradangan di daerah yang digigit.


Bungkus es di kain, lalu oleskan di area yang terkena selama sekitar 10-15 menit.


Minyak tea tree


Minyak tea tree juga bersifat antiseptik yang bisa membantu mengobati luka yang terinfeksi bakteri seperti gigitan nyamuk. Minyak ini juga akan mengurangi pembengkakan dan gatal.


Minyak kelapa


Mengoleskan minyak kelapa akan membentuk pelindung pada kulit dan mencegah infeksi. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa tinggi akan asam lemak dan polifenol di dalamnya. Senyawa ini juga bersifat anti inflamasi.


Madu


Madu mengandung sifat khas anti mikroba yang bisa mencegah infeksi dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka karena gigitan nyamuk.


Kunyit


Kunyit adalah agen penyembuhan alami yang bisa mengobati gigitan nyamuk. Sebabnya kunyit bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat sehingga membantu menenangkan area yang gatal. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-