Apa Efek Bahaya Dari Sirosis Hati?
Senin, 03/09/2018 - 03:02 WIB
images-artikel/kecil/sirosis.jpg
Sumber: Ethical Digest
 
 
Jakarta -

Sirosis hati adalah pengerasan yang terjadi pada hati karena sel-sel yang telah mati dan rusak. Pada tahap ini hati anda pun juga sudah sulit diobati. Kalaupun bisa, biayanya pun fantastis.


Biasanya sirosis hati akan dialami oleh penderita hepatitis kronik. Jika pasien telah sampai pada tahap sirosis hati, maka pengobatan berupa cangkok atau transplantasi hati bisa dilakukan.


Bila tidak ditangani segera, ada bahaya yang akan mengintai. Sirosis hati bisa berkembang menjadi kanker hati.


"Lama-lama sirosis hati bisa berkembang menjadi kanker hati. Kalau sudah kanker, tidak bisa disembuhkan sama sekali," ungkap Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Irsan Hasan.


Pembunuh nomor dua


Di Indonesia, kanker hati termasuk penyakit kanker yang menyumbang kematian terbesar.


"Saya tidak punya data lengkapnya. Yang pasti, kanker hati itu nomor dua (penyebab kematian) setelah kanker paru-paru. Sebanyak 95 persen penderita kanker hati meninggal," papar Irsan, yang juga dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.


Untuk itu, sebelum berkembang menjadi kanker hati, sirosis hati harus ditangani. Namun, cangkok hati rutin membutuhkan dana yang besar. "Satu kali cangkok hati bisa menghabiskan biaya Rp 4 miliar," Irsan menambahkan.


Hati merupakan organ dalam tubuh yang mempunyai peran vital. Kalau hati anda rusak, maka kesehatan anda pun juga akan terenggut. Karena tidak akan ada lagi yang menetralkan racun dan mengatur hormon-hormon. Maka adri itu, jagalah kesehatan hati anda baik-baik.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-