Apa Kegunaan Dari Jakun?
Kamis, 26/07/2018 - 11:03 WIB
images-artikel/kecil/JAKUN.jpg
Sumber: Hello Sehat
 
 
Jakarta -

Jakun ini merupakan salah satu ciri utama pada pria. Secara teknis, Adams Apple ini disebut prominentia laryngea. Namun apakah fungsi jakun priasebenarnya itu?


Jakun terletak di atas kelenjar tiroid sehingga disebut juga sebagai kartilogo tiroid. Dan jakun akan membesar secara alami seiring membesarnya pita suara (laring) saat memasuki masa pubertas.


Jakun Melindungi Pita Suara


Fungsi utama jakun melindungi pita suara (laring). Secara alami pita suara laki-laki akan semakin dalam, hal ini yang menyebabkan suara laki-laki lebih berat daripada perempuan.


Pita suara akan membantu untuk dapat berbicara, berteriak, tertawa, dan bernyanyi. Fungsi utama laring yaitu untuk melindungi saluran pernapasan dengan mencegah masuknya benda-benda asing.


Beberapa orang memiliki jakun yang lebih besar, hal ini terjadi karena setiap orang memiliki kartilogo yang berbeda. Semakin banyak kartilogo, semakin besar pula ukuran jakun.


Orang dengan jakun yang lebih besar cenderung memiliki suara yang lebih dalam dan berat daripada orang dengan jakun yang lebih kecil.


Memiliki jakun besar tidak berarti dapat melakukan fungsi-fungsi tersebut lebih baik daripada seseorang dengan jakun kecil. Itu hanya menandakan bahwa laring Anda sedikit lebih besar.


Pertumbuhan jakun ini merupakan proses biologis yang muncul pada setiap pria. Tak hanya pria saja, ternyata wanita juga memiliki jakun. Hanya saja jakun yang dimiliki oleh pria lebih besar dan terlihat menonjol ke luar.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-