Apa Saja Makanan Yang Dapat Mengendalikan Kolestrol Jahat?
Senin, 03/09/2018 - 02:53 WIB
images-artikel/kecil/shutterstock_521754532.jpg
Sumber: Hello Sehat
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, saat Idul Adha, persediaan daging jadi melimpah. Konsumsi protein hewani pun jadi lebih sering. Tentunya hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran atas kadar kolesterol jahat yang meningkat.


Kolesterol jahat bisanya disebut juga LDL atau low density lipoprotein. Penumpukan kolesterol yang satu ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung.


Agar kesehatan kita selalu terjaga, ada baiknya menyantap daging kambing dan sapi secukupnya saja. Imbangi dengan nutrisi yang bisa mengendalikan kolesterol jahat. Berikut ini beberapa di antaranya.


Apel


Apel merupakan buah sehat yang kaya akan kandungan pectin. Pectin sendiri adalah serat larut yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.


Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu apel sehari (atau lebih) dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.


Bawang putih


Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.


Oatmeal


Oatmeal mengandung beta-glucan, zat dalam gandum yang mampu menyerap LDL (kolesterol jahat) dan kemudian mengeluarkan dari tubuh.


Avokad


Buah ini dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Sebab avokad mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.


Teh hijau


Teh hijau memberikan tubuh kita perasaan hangat, santai, dan juga kaya antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.


Demikian makanan-makanan sehat yang berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan begitu Anda tetap bisa makan enak tanpa khawatir dengan kesehatan.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-