Apa Sih Perbedaan Dari Bakteri Probiotik Dan Bakteri Prebiotik? Ini Dia Jawabannya!
Sabtu, 03/03/2018 - 12:26 WIB
images-artikel/kecil/prebiotics-1.jpg
Sumber: Sumber
 
 
Indonesia -

Hai sobat souja! Superfoods dengan beragam jenis dan istilahnya makin memenuhi dunia kesehatan dan mereka yang ingin punya tubuh lebih bugar. Termasuk dengan istilah probiotik dan prebiotik.


Apakah maksud dari kedua istilah ini? Apakah sama?


probiotik adalah bakteri baik usus yang mempromosikan kesehatan pencernaan. Bakteri probiotik bisa ditemukan dalam produk makanan berfermentasi seperti yogurt, acar, kombucha, atau kimchi.


Saat masuk ke dalam pencernaan, probiotik akan mengarahkan semua bakteri dalam usus ke arah yang lebih positif dan mencegah bakteri yang membahayakan usus karena bisa menyebabkan diare, iritasi usus besar, dan gangguan pencernaan lainnya.


Di sisi lain, prebiotik sama sekali berbeda dengan probiotik. Prebiotik bukanlah organisme hidup, melainkan serat larut yang akan difermentasi saat masuk ke dalam usus melalui bakteri probiotik yang ada di dalamnya. Prebiotik akan difermentasi menjadi asam lemak yang memberikan semua manfaatnya pada sistem pencernaan.


"Memberi makan usus dengan bakteri baik amatlah penting. Sebab jika tidak diberi bahan bakar yang tepat, bakteri baik ini bisa mati dan mereka akan mencoba untuk menemukan nutrisi yang dibutuhkan di tempat lain. Hasilnya lapisan lendir usus akan berkurang," ungkap Purna Kashyap, seorang ahli gastroenterologi di Mayo Clinic.


"Padahal lendir bakteri ini bertugas untuk melindungi ususmu dari bakteri buruk penyebab penyakit." 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-