Apakah Benar Tidur Cukup Di Malam Hari Dapat Membantu Mengusir Penyakit?
Rabu, 20/02/2019 - 08:56 WIB
images-artikel/kecil/shutterstock_683437381.jpg
Sumber: Hello Sehat
 
 
Jakarta -
Sobat Souja, tidur merupakan salah satu cara bagi banyak orang ketika demam melanda. Walau banyak orang hanya memercayai hal ini sebagai mitos, namun sebuah penelitian membuktikan bahwa hal ini ternyata benar terbukti.


Sebuah penelitian mengungkap manfaat dari tidur ini terhadap kesembuhan seseorang. Tidur diketahui dapat menguatkan sistem imun dalam menyerang sel yang mengandung virus.


Penelitian dilakukan terhadap 10 partisipan yang sehat namun terinfeksi cytomegalovirus, sebuah virus yang jinak yang kemudian sedikit direkayasa. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti asal Jerman di University of Tbingen.


Partisipan dalam penelitian dibandingkan ketika mereka tidur selama delapan jam, serta ketika tidur mereka berkurang hingga lebih dari tiga jam. Diketahui bahwa partisipan yang tidur dengan cukup memiliki sel dengan protein yang melawan infeksi lebih tinggi dibanding ketika kekurangan tidur.


"Penelitian menunjukkan bahwa tidur dapat membuat sel-T lebih kompeten dalam mengikat sel terinfeksi," ujar Stoyan Dimitrov, peneliti dari temuan tersebut.


"Secara teori, respons tubuh kita terhadap infeksi virus seharusnya lebih kuat ketika cukup tidur," sambungnya.


Walau tidur lebih lama bisa membuat tubuh lebih tahan dalam melawan penyakit, namun tetap ada batasan jumlah yang tetap. Telah diketahui bahwa tidur terlalu lama bisa menyebabkan munculnya sejumlah penyakit dalam diri serta berbagai masalah kesehatan.


Jadi, lain kali ketika kamu merasa tubuhmu sedang tidak sehat, tidurlah secara cukup. Namun perhatikan juga nutrisi dan obat yang kamu konsumsi untuk memastikan bahwa kesehatanmu tetap terjaga.
 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-