Apakah Es Krim Dapat Menyebabkan Brainfreeze
Sabtu, 28/07/2018 - 05:24 WIB
images-artikel/kecil/es krim.jpg
Sumber: Blibli.com
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, hidangan manis dan lezat sering kali membuat siapa saja tergiur. Apalagi jika disajikan dalam bentuk dingin seperti es krim. Siapapun ingin segera menyantapnya sebelum mencair.


Saat sedang menikmati es krim, pernahkah Anda merasa sakit kepala dan membeku seketika? Ternyata perasaan itu merupakan bahaya makan es krim yang disebabkan oleh sensasi otak beku (brainfreeze), yang memiliki nama ilmiah Sphenopalatine ganglioneuralgia.


Sensasi otak beku biasa terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang sangat dingin dan cepat. Sehingga, terjadi perubahan suhu yang sangat cepat pada langit-langit mulut dan bagian belakang tenggorokan seseorang. Hal itulah yang menyebabkan pembuluh darah menyempit atau bahkan menutup dan menyebabkan sensasi otak beku tersebut.


"Otak beku sebenarnya adalah sakit kepala," kata Ahli Saraf Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, Clifford Segil, M.D.


Hilang dengan Cepat


Menurutnya, pembuluh darah yang menyempit dapat memengaruhi arteri serebral anterior yang merupakan pembuluh darah penting untuk menghantarkan darah beroksigen ke otak. Pembuluh darah yang membeku memungkinkan seseorang untuk merasakan sensasi otak beku.


Sensasi otak beku tersebut biasanya dirasakan dengan sangat cepat, hanya dalam hitungan detik. Biasanya, seseorang akan merasa sakit kepala saat es krim dan saat itulah seseorang merasakan sensasi otak beku.


Ada cara cepat untuk menghilangkan sensasi otak beku, yaitu dengan meletakkan lidah pada langit-langit mulut, atau meminum sesuatu yang suhunya sesuai dengan temperatur ruangan.


Hal itu dilakukan untuk menstabilkan suhu dan menghangatkan mulut. Sehingga, rasa sakit kepada akibat otak beku dapat segera reda.


Meksipun sensasi otak beku tidak berbahaya, namun sebaiknya tetap berhati-hati saat menikmati es krim.


Namun selain itu, ternyata es krim juga bisa membantu untuk membakar kalori.Peneliti mengungkapkan bahwa mengonsumsi es krim bisa meningkatkan kinerja metabolisme. Dengan itu, makan es krim akan membuat tubuh melepaskan lebih banyak energi untuk menghangatkan es dalam tubuh. Dan membuat kalori yang terbakar lebih banyak dengan cepat.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 17/10/2018 - 18:27 WIB
Senin, 01/10/2018 - 10:43 WIB
Senin, 01/10/2018 - 08:44 WIB
Sabtu, 06/10/2018 - 08:13 WIB
Rabu, 03/10/2018 - 07:34 WIB
Senin, 01/10/2018 - 01:50 WIB