Apakah Wanita Lebih Mudah Terkena Migrain Daripada Pria?
Minggu, 17/12/2017 - 11:14 WIB
images-artikel/kecil/6f7af10029bcf59a35635b8213d55753_XL.jpg
Sumber: Deherba.com
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, migrain merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang umum menyerang. Migrain bisa dibilang sangat menyakitkan sebab hanya menyerang satu sisi kepala saja. Dan tahukah kamu bahwa dibanding pria, wanita ternyata lebih mudah terkena migrain, lho.


Apa yang jadi alasannya?

Wanita lebih rentan untuk terkena migrain sebabnya terdapat perbedaan dalam sel mast (sejenis sel darah putih, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh) antara pria dan wanita.


"Lebih dari 8.000 diferensial gen ditemukan di dalam sel-sel mast wanita, dibandingkan dengan sel mas pria. Diferensial ini membuat wanita lebih sering mengalami gangguan seperti alergi, penyakit auto-imun, sindrom iritasi usus, hingga migrain," terang Adam Moeser, peneliti dari Michigan State University di Amerika Serikat. 


"Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa di dalam gen wanita, peningkatan aktivitas yang terkait dengan inflamasi lebih sering terjadi sehingga membuat tubuh wanita rentan untuk terkena penyakit," lanjutnya. "Hal inilah yang kemudian menjadikan wanita lebih mudah untuk terkena migrain dibandingkan pria." 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-