Keterampilan Sosial yang Perlu dimiliki Worker Zaman Now, Apa Saja?
Senin, 23/10/2017 - 10:23 WIB
 
 
Jakarta -

Manusia hidup sebagai makhluk sosial dan individu. Hal ini tentu berlaku pula di dunia kerja. Hampir setiap pekerjaan memerlukan keterampilan sosial. Apalagi jika bekerja dalam tim, Sobat Souja harus berinteraksi dengan orang lain, berhubungan dengan klien, serta terlibat dalam diskusi bersama tim. Kalapun Sobat bekerja sebagi freelancer atau remote working, keterampilan sosial tetap dibutuhkan untuk menjalin komunikasi bersama supervisor atau atasan. Karena keterampilan sosial sangat penting, hampir setiap perusahaan mencari kandidat pekerjaan dengan keterampilan ini. Oleh karena itu, Sobat Souja harus memiliki keterampilan sosial yang kuat, menunjukkannya di Curriculum Vitae, surat lamaran, dan saat wawancara.


Sejatinya, apa saja yang termasuk ke dalam keterampilan sosial? Mengutip Qerja.com, keterampilan sosial adalah kualitas pribadi yang berhubungan dengan interaksi dengan orang lain, yang mencakup keahlian verbal –seperti cara berbicara dengan orang lain- dan keterampilan nonverbal –bahasa tubuh, gerak tubuh, dan kontak mata-. Berikut keterampilan sosial yang wajib dimiliki seorang pegawai di kantor seperti disarikan dari The Balance melalui Qerja.com


Kooperatif
Kemampuan orang untuk bisa bekerjasama juga penting dimiliki untuk anggota tim. Sobat harus bisa bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Meskipun lebih sering menerima tugas individu, namun kemampuan kerja sama tetap saja dibutuhkan. Sobat dan rekan kerja harus saling bahu-membahu untuk membantu mencapai tujuan organisasi.


Berempati
Agar bisa berinteraksi dengan baik dengan orang lain, Sobat Souja harus bisa memahami perasaan mereka. Rasa empati perlu dimiliki oleh seorang pegawai terutama saat berurusan dengan klien yang datang dengan pertanyaan atau masalah. Sobat perlu mengungkapkan keprihatinan yang tulus atas masalah mereka, dan membantu menyelesaikannya.


Mendengarkan dan mengendalikan diri
Keterampilan komunikasi penting lainnya yang membantu Sobat berinteraksi dengan baik dengan orang lain adalah mendengarkan. Sobat harus bisa mengendalikan diri dan mendengarkan dengan seksama hal yang dikatakan atasan, pendapat rekan kerja dalam rapat. jika kamu menjadi atasan, tanamkan sikap rendah hati agar mau mendengar masukan dari karyawan. Jika Sobat lebih banyak berinteraksi dengan klien, maka mendengarkan dengan seksama keinginan klien adalah hal utama. 


Komunikasi verbal dan non verbal
Sobat perlu mengekspresikan diri dengan bahasa yang jelas yang bisa dimengerti orang lain. Utarakan secara langsung dengan tata bahasa yang baik dan jelas baik melalui tatap muka, lewat telepon, dan melalui email dengan orang lain. Sementara komunikasi non verbal pun tak kalah penting, karena melalui bahasa tubuh, kontak mata, dan ekspresi wajah, Sobat dapat menyatakan bahwa kamu adalah orang berempati yang sedang mendengarkan dengan seksama orang lain. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-