Ingin Meningkatkan Kemampuan Analisis? Coba 4 Tips ini!
Selasa, 07/11/2017 - 09:03 WIB
images-artikel/kecil/creative-analysis1.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Kemampuan analisis yang baik bisa jadi faktor penentu karier di masa mendatang. Kemampuan menganalisis merupakan salah satu instrumen penting di dunia kerja karena menunjang tugas-tugas di kantor, diantaranya mengumpulkan informasi, menyusun laporan, memecahkan masalah, merangkum datas statistik, mengambil keputusan, mengidentifikasi tren, dan melaksanakan proyek dengan efektif. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan analisis tersebut? Disarikan dari Career Addict lewat Qerja.com, berikut ini rangkaian tipsnya:


Sering bertemu dengan teman lama, kerabat dan rekan kerja
Aturlah pertemuan tersebut luar jam kantor. Selama percakapan, Anda bisa belajar banyak dari mereka. Sudah barang tentu kamu akan mendengarkan cerita mereka, selain kamu pun pasti akan menceritakan apa yang kamu alami. Hal tersebut melatih pengelolaan stres, atau cara pengembangan karier, atau filosofi pendidikan parenting. Selama mengobrol, pastikan kamu tetap menyimak dan otak tetap terlibat. Sobat dapat meningkatkan kemampuan analisis dan keterampilan komunikasi interpersonal. Bonusnya, kamu bisa lebih akrab dengan mereka.  


Aktif bermain games asah otak
Permainan seperti Sudoku dan permainan lain yang menggunakan keterampilan logika adalah cara sederhana untuk melatih kemampuan analisismu. Permainan lain seperti catur, bridge dan lainnya yang menuntut langkah strategis juga merupakan cara  menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Hobi ini juga bisa dinikmati seluruh keluarga sehingga bisa menjadi aktivitas ikatan keluarga yang hebat pula.


Aktif membaca 
Sering membaca dapat merangsang dan memperluas otak dan memungkinkan Sobat Souja untuk berpikir dengan cara baru. Catat ide dan pemikiran baru yang merupakan hasil bacaan kamu. 


Berjalan-jalan di luar ruangan
Jalan-jalan di luar ruangan dan menikati pemandangan alam adalah aktivitas sederhana yang dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis. Sekali lagi, libatkan diri secara aktif. Sambil berjalan-jalan, kamu bisa mengamati segala hal yang dilihat dengan hati-hati. Ambil rinciannya. Cobalah untuk menggunakan semua indera. Rasakan. Kemudian, pertanyaan apa yang timbul di benak kamu? Lalu, ingatlah hal yang telah diamati dan tuliskan keesokan harinya. Berapa banyak informasi yang bisa diingat?

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-