Asal Usul French Fries
Kamis, 13/03/2014 - 06:00 WIB
images-artikel/kecil/resizer.php.png
Sumber: shutterstock-foto
 
 
Jakarta -

Siapa yang tak suka makanan yang satu ini. Dari anak kecil sampai dewasa pasti tak bisa menampik kerenyahan dan kelezatan makanan yang diberi nama french fries atau kentang goreng. Tapi darimana asal usul makanan yang satu ini?

French fries (dibaca: frens fraiz) adalah potongan kentang yang digoreng garing dan sampai matang. Bentuknya panjang dan terlihat tipis, namun sebenarnya padat. Diambil dari kalimat To french fry yang berarti "menggoreng hingga garing", french fries berasal dari Kentang di daerah Peru dan Bolivia, Amerika Selatan. Konsumsi kentang sudah banyak sedari abad ke-18 kentang dan bahkan sudah menjadi makanan utama bagi masyarakat Eropa. Semakin meluas pula di Amerika ketika Thomas Jefferson menjadi duta Amerika di Francis. Kegemarannya akan french fries membuat Jefferson sering menyajikan kentang goreng tersebut pada tamu-tamunya saat pulang ke Amerika. Kentang goreng pun semakin tinggi peminatnya. Apalagi ketika Jefferson menjadi Presiden ketiga Amerika Serikat.

Sementara french fries jadi populer di seluruh dunia semenjak muncul sebagai menu restoran-restoran cepat saji terutama yang merupakan waralaba terkenal pada tahun 70-an. Maka french fries pun sudah mulai menjadi makanan yang familiar dan dikenal semua masyarakat, terutama di Indonesia.

Bila di Amerika atau Eropa, french fries biasa disajikan dengan hamburger atau steak, di Indonesia biasanya french fries disajikan bersama ayam goreng dan nasi, mengingat kebutuhan masyarakat akan nasi di Indonesia memang tak bisa dilupakan. Nampaknya pula semua orang menyukai kehadiran makanan kentang goreng berbentuk panjang ini, mengingat kelezatannya juga memang tak bisa untuk dipungkiri. Souja

 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-