Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Yang Tersumbat?
Minggu, 15/10/2017 - 09:20 WIB
images-artikel/kecil/4-penyebab-bersin-di-pagi-hari-79a9.jpg
Sumber: AlimanCenter.com
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, memasuki musim penghujan, pilek dan flu mulai dialami oleh semua orang. Terkadang ketika mengalami pilek dan flu, hidung pun ikut tersumbat. Apakah Anda pernah mengalami hidung tersumbat? Hidung tersumbat tentu mengganggu pernapasan kita. Bernapas jadi susah dan tidak tenang. Apalagi jika mengalami hidung tersumbat ketika hendak tidur. Argh, nggak banget deh. Aktivitas jadi terganggu karena hidung tersumbat.


Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, tak terkecuali bayi. Ketika orang dewasa yang mengalami hidung tersumbat, tentu bisa mengatasinya sendirian. Namun bagaimana jika terjadi pada anak-anak atau bahkan bayi. Tentu kita sebagai orang tau atau pun keluarga jadi kelimpungan karena anak-anak terutama bayi belum bisa mengutarakan sesuatu dengan baik.


Hidung tersumbat biasa terjadi akibat dari flu dan pilek. Lendir atau biasa kita sebut ingus yang harusnya keluar dari hidung tertahan dan mengendap di hidung menyebabkan kita jadi susah bernapas. Hidung yang tersumbat bisa lubang sebelah saja, bisa juga dua-duanya. Ketika hidung tersumbat sebelah memang kita masih bisa bernapas dengan lubang hidung sebelahnya. Namun ketika hidung yang tersumbat adalah dua-duanya, bagaimana kita akan bernapas?


Bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat, mungkin segera membeli obat di apotek. Namun sering-sering meminum obat juga tidak baik bagi tubuh. Ternyata selain mengatasi hidung tersumbat dengan meminum obat, ada cara lain yang lebih mudah dan tidak memerlukan untuk mengatasi hidung tersumbat baik bagi Anda sendiri, anak Anda, maupun bayi Anda.


Cara mengatasi hidung tersumbat


1. Banyak minum minuman hangat


Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.


2. Menghirup uap air hangat


Menghirup uap dapat melegakan hidung tersumbat karena uap air hangat yang kita hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada hidung. Masak air hingga mendidih lalu Anda hirup uapnya. Tidak usah terlalu dekat agar hidung tidak melepuh.


3. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih


Agar menghirup uap air semakin efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.


4. Mengompres hidung dengan air hangat


Siapkan handuk kecil atau sapu tangan yang kemudian dicelupkan pada air hangat. Letakkan handuk kecil yang sudah dicelup pada air hangat di hidung. Mengompres hidung dengan handuk yang dicelupkan pada air hangat dapat menjadi cara mengatasi hidung pada bayi yang efektif.


5. Membuang cairan hidung (ingus)


Baik Anda maupun anak atau bayi Anda mengalami hidung tersumbat segera keluarkan ingus dalam hidung agar tidak menyumbat jalannya pernapasan. Jika Anda hendak melakukannya pada anak atau bayi, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi adalah dengan membuang ingus mereka menggunakan aspirator (alat penghisap cairan hidung) yang bisa dibeli di apotek.


6. Menghangatkan badan


Cara mudah lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghangatkan badan Anda, bisa dengan mematikan AC atau kipas angin. Kemudian selimuti badan Anda atau anak dan bayi Anda. Cara menghangatkan badan yang lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-