Cara Mudah Bakar Kalori: Jalan Kaki
Senin, 13/11/2017 - 08:44 WIB
images-artikel/kecil/7tgKBYn5xn.jpg
Sumber: www.nuga.co
 
 
jakarta -

Saat bekerja di kantor, sebagian orang menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer selama 6 hingga 8 jam. Padahal hal ini tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan karena dapat meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes.

Baru-baru ini, meja kerja berdiri menjadi alternatif populer bagi pekerja kantoran. Meja kerja berdiri diklaim dapat mengurangi waktu duduk pekerja kantoran sekaligus membakar kalori, yang membuat risiko kenaikan berat badan akan berkurang.

Seth Creasy, peneliti dari University of Pittsburgh melakukan studi untuk membuktikan klaim ini. Ia mengumpulkan 74 partisipan sehat yang dibagi menjadi 4 kelompok.

Kelompok 1 diminta untuk duduk sambil mengetik komputer selama 15, lalu berdiri 15 menit. Kelompok 2 juga duduk di depan komputer selama 15 menit lalu melakukan jalan kaki di treadmill selama 15 menit pula.

Kelompok 3 diminta untuk berdiri selama 15 menit dan duduk kembali selama 15 menit. Kelompok 4 tidak berdiri, namun diminta untuk berjalan kaki di treadmill selama 15 menit sebelum akhirnya duduk di depan komputer.

Hasil penelitian menyebut duduk selama 15 menit hanya membakar sekitar 20 kalori, meskipun duduk dilakukan sembari mengetik ataupun menonton televisi. Yang lebih mengejutkan, berdiri ternyata tidak memberikan dampak besar, hanya 17 kalori yang terbakar ketika berdiri selama 15 menit.

Namun khusus untuk jalan kaki, kalori yang dibakar tiga kali lipat lebih banyak daripada duduk atau berdiri, meskipun jalan kaki dilakukan dengan santai. Jika jalan kaki dilakukan selama satu jam, kalori yang dibakar bisa mencapai 130 kalori atau lebih.

"Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa hanya berdiri saja tidak cukup untuk membakar kalori dan menjaga berat badan tubuh. Jalan kaki merupakan cara terbaik dan studi ini berhasil membuktikannya," tutur Creasy, dikutip dari NY Times.

Creasy mengatakan cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan jalan kaki adalah dengan menaruh printer atau mesin fotokopi di ujung ruangan yang jauh. Selain itu, Anda juga bisa membiasakan diri untuk pergi ke toilet di lantai yang berbeda atau minimal pergi ke pantry tiap satu jam.

"Berjalan kaki tak hanya membakar kalori di kantor, tapi juga mengurangi nyeri bahu dan punggung akibat terlalu banyak duduk sekaligus mengontrol kadar gula darah," ungkapnya.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-