Dianggap Rasis dan Nihil Nominator Berkulit Hitam, Academy Awards 2016 diboikot!
Rabu, 20/01/2016 - 17:01 WIB
images-artikel/kecil/oscars-so-white-2016.jpg
Sumber: ibtimes.com
 
 
Jakarta -

Belum genap satu pekan sejak nominasi diumumkan, Academy Awards sudah menuai kritik tajam. Pasalnya, daftar nominasi Oscar tahun ini didonimasi oleh aktor dan aktris kulit putih, seakan-akan tidak ada tempat untuk sineas kulit hitam. Dua sosok yang pertama kali melayangkan suara kerasnya adalah Jada Pinkett Smith (Istri Will Smith) dan sutradara Spike Lee. 


Dikutip dari laman Reuters, kritikan pun akhirnya meluas dan muncul gerakan pemboikotan secara viral di media sosial dengan tagar atau hashtag #OscarSoWhite. 


"Bagaimana mungkin dua tahun berturut-turut ke-20 penantang untuk kategori pemain terbaik semua berkulit putih," tulis Lee dalam akun Twitter-nya yang diimbuhi dengan tagar #OscarSoWhite.


"Untuk mereka yang marah karena miskinnya keragaman yang sangat tidak masuk akal, yang lagi-lagi ditunjukkan oleh nominasi Oscar tahun ini. Percayalah, aku mengerti hal itu," ujar produser Will Packer, seperti dikutip oleh The Hollywood Reporter.


Chris Rock, satu-satunya aktor kulit hitam yang diberi kehormatan menjadi host untuk malam puncak penghargaan Piala Oscars pada Februari mendatang bahkan melayangkan suaranya. Chris juga menyoroti penghargaan Black Entertainment Television (BET Awards),penghargaan khusus bagi tokoh berkulit hitam dan minoritas lain yang berprestasi dalam berbagai bidang.


"The #Oscar. BET Awards untuk kulit putih," tulisnya dalam akun twitter @chrisrock










 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-