Festival Film Dokumenter dan Eksperimental Diselenggarakan 11-21 September 2014
Kamis, 11/09/2014 - 16:14 WIB
 
 
Jakarta -

Pada tanggal 11 sampai dengan 21 September 2014 ada acara spesial bagi para penggiat sinema, yakni ARKIPEL Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival . ARKIPEL Festival diselenggarakan oleh Forum Lenteng yang menghadirkan film-film dokumenter dan eksperimental dari seluruh dunia. Serangkaian acara seperti International Competition, Curatorial Programs, Special Screening, Exhibition Colonize Cinematography, Discussion, dan Workshop akan memeriahkan perhelatan yang digelar di berbagai tempat, diantaranya Graha Bhakti Budaya-Taman Ismail Marzuki, Kineforum-DKJ, Studio XXI Taman Ismail Marzuki, Goethehaus Jakarta dan Gedung Produksi Film Negara.


Dikutip dari laman resmi arkipel.org, kata ARKIPEL diambil dari kata archipelago yang merujuk pada istilah bahasa Indonesia, ‘nusantara’ yang muncul sejak awal abad ke-16. Nusantara yang merupakan gugusan ribuan pulau ini menyimpan sejarah panjang tentang globalisasi baik secara politik, budaya dan ekonomi. Lebih dari 500 tahun lalu, wilayah ini menjadi tujuan utama bagi para penjelajah Barat untuk menemukan wilayah-wilayah baru untuk dikuasai atau sebagai rekanan dunia dagang. Selain bangsa Eropa, bangsa Timur (Cina, Arab, dan India) telah menjadikan kawasan Nusantara ini sebagai tujuan penjelajahan dalam misi-misi dagang mereka seperti rempah-rempah dan sutra. 

ARKIPEL International Documentary and Experimental Film Festival digelar untuk melihat seberapa besar peran film dalam menangkap fenomena masyarakat global, baik dalam konteks estetika maupun konteks sosial-politik melalui bahasa dokumenter dan ekperimental. Melanjutkan apa yang telah ada tahun lalu, kali ini ARKIPEL Festival juga mengadakan International Special Screening yang mengundang beberapa festival film dan seni seperti Images Festival (Kanada), Yamagata International Documentary Film Festival (Jepang), Hamburg International Short Film Festival (Jerman), dan Bangkok Experimental Film Festival (Thailand).

 
Selain itu, ARKIPEL juga akan menayangkan secara khusus film-film yang disutradarai oleh Alexander Kluge, Shinsuke Ogawa, Peter Snowdon dan film hasil kolaborasi Daniel Costelle, Isabelle Clarke, Jean-Louis Guillaud, serta Henri de Turenne. Program ini akan bekerjasama dengan pusat kebudayaan asing Goethe Institut (Jerman), Japan Foundation (Jepang), Pusat Kebidayaan Prancis (IFI) dan British Council (Inggris). Special Screening akan ditayangkan di Kineforum-Taman Ismail Marzuki, Goethehaus, dan gedung Produksi Film Negara.


Seiring dengan perkembangan dunia sinema, tidak ada salahnya menghadiri acara tersebut lho Sobat! Tentunya bisa memperkaya khazanah pengetahuanmu di dunia film dokumenter dan eksperimental. Informasi lengkap dapat diakses melalui arkipel.org.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-