Hal-Hal yang Bisa Menghemat Pengeluaran Saat Bulan Puasa
Kamis, 09/06/2016 - 09:30 WIB
images-artikel/kecil/menghemat.png
Sumber: google.com
 
 
Jakarta -

Saat bulan puasa tiba, biasanya pengeluarkan akan bertambah banyak. Apalagi saat menjelang lebaran tiba. Pastinya kamu akan menyiapkan budget lebih untuk membeli kue-kue khas lebaran, uang THR untuk para saudara, baju baru dan lain-lainnya.

 

Uang THR yang kamu dapatkan dari kantor, bisa jadi tidak cukup untuk membeli smeuanya. Hal ini benar-benar salah. Kamu seharusnya dapat mengurangi pengeluaran saat puasa, bukan sebaliknya. Berikut ini dikutip dari Okezone, hal-hal yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran saat bulan puasa.

 

 

 

1. Tidak ada makan siang

Saat puasa, pastinya tidak ada jatah pengeluaran untuk makan siang. Seharusnya kamu bisa sedikit menghemat. Coba saja pikirkan, jika biasanya kamu menghabiskan paling tidak 30 ribu setiap harinya untuk makan siang, dalam sebulan kamu dapat menghabiskan sebanyak 900 ribu. Ini hanya untuk makan siang saja. Seharusnya kamu bisa menghemat 900 ribu saat puasa.

 

 

 

2. Banyak takjil gratis

Saat ramadhan akan ada banyak penjual dadakan yang menjual beraneka ragam takjil. Biasanya yang dapat membuat kamu boros adalah karena keinginan kamu yang sangat banyak saat puasa. Kamu jadi ingin membeli semua takjil yang kamu lihat. Padahal takjil cukup hanya dengan meminum air teh manis ataupun memakan sebuah kurma saja. Kamu juga dapat mendapatkan takjil gratis saat kamu datang ke masjid-masjid besar. Menunya juga biasanya berbeda-beda setiap harinya.

 

 

 

3. Manfaatkan diskon kartu kredit di restoran

Saat bulan puasa tiba, akan ada banyak undangan buka puasa bersama dari teman-teman lama maupun yang baru. Jika tidak pintar-pintar memilih tempat makan, pastinya akan ada banyak duit yang akan kamu habiskan untuk buka puasa bersama. Solusinya, cobalah kamu untuk memilih restoran atau tempat makan yang dapat memberikan diskon sesuai jenis kartu kredit yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan tetap dapat menghemat sedikit pengeluaran.

 

 

 

4. Memilah mana keinginan dan kebutuhan

Saat bulan ramadhan tiba, akan ada banyak godaan. Seperti makanan-makanan yang menggiurkan, pakaian-pakaian yan diskon habis-habisan. Tidak hanya perut yang lapar, mata kamu pun jadi ikut-ikutan lapar. Oleh karena itu kamu harus tahu mana yang memang kamu butuhkan, jangan terus mengikuti semua keinginan kamu.

 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-