Hari Berpelukan Sedunia, Yuk Intip Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan
Rabu, 21/01/2015 - 16:26 WIB
 
 
Jakarta -

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata hari ini, 21 Januari 2015 adalah Hari Berpelukan Internasional . Tradisi yang menyebar keseluruh dunia ini awalnya hanya diperingati oleh para warga di Caro, Michigan, Amerika Serikat pada tahun 1986. Namun, seiring berjalannya waktu perayaan ini akhirnya ikut menyebar ke belahan Negara lainnya, seperti Inggris, Australia, Jerman, dan lain-lain. 
 
 
Ia adalah Kevin Zaborney, orang yang mencetuskan ide agar setiap tanggal 21 Januari dirayakan sebagai Hari Berpelukan Internasional. Kevin bukan tanpa alasan menaruh tanggal 21 Januari sebagai saat yang tepat. Menurutnya, 21 Januari merupakan pertengahan antara perayaan Natal dan Valentine.
 
 
Masyarakan Amerika saat ini tergolong malu-malu dalam mengungkapkan perasaan di publik,” kata Kevin saat mencanangkan Hari Berpelukan ini. Meski sempat pesimis, namun Kevin Zaborney kaget ketika idenya benar-benar terealisasi hingga ke hampir seluruh Negara, termasuk Indonesia juga lho. Bahkan, beberapa waktu lalu warga Bandung juga ikut merayakan perayaan ini. 
 
 
Tapi jangan mentang-mentang ini merupakan hari berpelukan, sobat souja bisa seenaknya memeluk orang lain. Kevin menyarankan agar bertanya dulu kepada calon lawan berpelukan agar yakin akan respon yang didapat.

 
Melalui perayaan Hari Berpelukan Sedunia ini, Kevin berharap agar semua orang dapat lebih banyak memeluk keluarga atau teman, sehingga tak melulu bermakna seksual. Tapi mau dengan siapapun kamu berpelukan, kegiatan yang satu ini ternyata baik untuk kesehatan lho. 
Seperti yang kami lansir dari Panorama, kontak yang dilakukan oleh manusia bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menekan kadar hormone stress pada wanita, dan juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung lho. 
 
 
Selain itu, menurut American Psychosomatic Society, dengan berpelukan selama 10 menit dengan pasangan bisa menghilangkan stress dan meningkatkan kadar dopamin, yakni hormone yang membuat seseorang merasa senang.
 
 
Atau kamu termasuk orang yang menutup diri dari dunia luar? Kamu bisa juga dengan memeluk boneka teddy bear kamu. Dan jangan salah, ada penelitian yang menyebutkan bahwa memeluk boneka sama manfaatnya seperti memeluk seseorang lho.
 
 
Wah, ternyata banyak juga yah manfaat dari berpelukan, mulai dari menurunkan kadar stress, memberikan efek senang, menghindari resiko penyakit jantung.
 
 
Selamat Hari Berpelukan Sedunia Sobat Souja! Dengan siapa saja kamu berpelukan hari ini?

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-