Ingin Ke Tiongkok? Gak Usah Jauh-Jauh! Di Surabaya Ada Wisata Ala Tiongkok!
Sabtu, 17/03/2018 - 07:12 WIB
images-artikel/kecil/download (8).jpg
Sumber: Traveling Yuk
 
 
Surabaya -

Hai Sobat Souja! Sebagai ibukota salah satu propinsi terbesar di nusantara, Surabayasudah banyak berbenah. Begitu juga dengan tempat-tempat wisata yang jadi andalannya. Mungkin kita masih sering mendengar kisah Kebun Binatang Surabaya dan pengelolaannya yang mengenaskan. Tetapi kasus KBS tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk menilai aspek pariwisata kota pelajar.


Di antara sederet tempat wisata di Surabaya yang patut dipuji kebersihan dan daya tariknya, ada Kenjeran yang dulu sempat menuai reputasi sebagai pantai kotor yang kurang terjaga keamanannya. Kini kawasan tersebut sudah bersolek menjadi tempat wisata yang modern. Disulap menjadi dua bagian, yaitu Kenjeran Lama yang dikelola oleh pemerintah kota dan Kenjeran Baru yang dinaungi oleh manajemen dari pihak swasta.


Pantai Kenjeran Baru yang juga dikenal dengan nama Pantai Ria Kenjeran memiliki satu objek wisata yang cukup digandrungi kaum milenial, yaitu Kenjeran Park. Sering disebut dengan nama singkatnya, KenPark, tempat ini bakal menjadi salah satu theme park terbesar di Asia dengan Atlantis Land-nya yang sedang dalam tahap pembangunan.


Dari 150 hektar lahan yang bakal diubah menjadi theme park, saat ini baru 15 hektar yang sudah rampung dan bisa dikunjungi. Selain pemandangan pantai berlatar Jembatan Suramadu, pengunjung juga bisa menikmati wisata religi di sini.


Ada beberapa tempat ibadah bagi umat Buddha yang juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum, yaitu Pagoda Tian Tian, patung Buddha Catur Muka, Klenteng Sanggar Agung, serta patung Dewi Kwan Im yang tersohor itu. Semuanya menampilkan seni arsitektur gaya Tiongkok.


Dulu hanya patung Dewi Kwan Im berikut dua ekor naga api dan air yang layak menjadi objek wisata, meskipun kondisinya kurang terawat. Sekarang patung-patung itu sudah berpoles cat layaknya patung yang masih baru. Tentu saja para penggila selfie langsung mengeksplorasi spot ini untuk eksis di Instagram.


Masih ada juga Pagoda Tian Ti, tiruan dari Temple of Heaven yang ada di Beijing. Pagoda terdiri dari tiga lantai dengan arsitektur khas China. Namun pagoda ini tidak digunakan untuk ibadah. Hanya berfungsi sebagai objek pemandangan dan foto semata.


Sementara itu patung Buddha Catur Muka mengusung gaya ukiran yang mirip dengan patung-patung Buddha di Thailand. Tentu bisa menjadi latar yang keren untuk berfoto.


Siap berwisata ala negeri Tiongkok di Kenjeran? Datang saja ke Jalan Sukolilo di daerah Bulak. Harga masuknya cuma Rp 5.000,-. Jika membawa kendaraan bermotor, kita akan dikenakan biaya masuk Rp 15.000,- yang sudah termasuk ongkos parkir. Murah meriah, kan?

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-