Ini Dia Air Terjun Yang Terkait Dengan Hal Mistis
Sabtu, 28/07/2018 - 14:23 WIB
images-artikel/kecil/AIR.jpg
Sumber: Garasi Jogja
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, Air terjun dikenal sebagai surga dunia, dengan segala keindahannya. Mulai dari airnya yang jernih dan tenang, sampai keindahan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi. Namun di balik keindahannya, banyak air terjun di Indonesia yang menyimpan banyak misteri sampai cerita mistis.


Cerita mistis ini terus berkembang di masyarakat sampai sekarang. Air terjun mana?


1. Air terjun Madakaripura


Selain terkenal akan keindahannya, air terjun Madakaripura yang terletak di Kabupaten Probolinggo ternyata juga menyimpan kisah mistis tersendiri. Salah satu yang paling terkenal adalah kemunculan harimau putih.


Berdasarkan kisah dari warga sekitar, harimau putih itu menjadi penunggu air terjun yang terkenal memiliki hubungan khusus dengan Patih Gajah Mada. Sosok mistis tersebut disebut kerap muncul di beberapa bagian air terjun tiap tahunnya.


2. Air terjun Sedudo


Wisata alam air terjun Sedudo yang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyimpan cerita mistis. Selain pesona dan keindahan alamnya yang memanjakan mata, kompleks air terjun Sedudo juga dijadikan lokasi pencucian pusaka. Berdasarkan informasi yang dihimpun termasuk cerita yang berkembang di masyarakat, air terjun Sedudo sudah terkenal sejak zaman Kerajaan Majapahit, air terjun ini diyakini sebagai tirta suci yang mengalir dari kahyangan.


Bahkan para raja, bangsawan dan pendeta pada zaman itu sering mempergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara parna prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikkan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda.


3. Air terjun Sri Gethuk


Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun Sri Gethuk dikenal dengan keindihan dengan air yang jernih berwana kehijauan dan tenang. Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tergantung musim.


Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Air terjun ini bermula dari tiga sumber mata air yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk butiran-butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang tandus.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Sabtu, 18/08/2018 - 05:23 WIB
Rabu, 15/08/2018 - 08:49 WIB
Minggu, 05/08/2018 - 07:28 WIB
Kamis, 02/08/2018 - 18:32 WIB
Minggu, 05/08/2018 - 07:29 WIB
Rabu, 01/08/2018 - 11:56 WIB