Ini Dia Beberapa Bangunan Yang Dibangun Di Sekitar Pohon Yang Berusia Ratusan Tahun
Senin, 26/11/2018 - 05:28 WIB
images-artikel/kecil/stasiun.jpg
Sumber: Merdeka.com
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, ketika sebuah bangunan atau jalan baru hendak dibangun, biasanya dilakukan pembersihan lahan terlebih dahulu. Rumah dan bangunan lama digusur, sementara pohon-pohon ditebang demi kelancaran konstruksi. Tetapi lain ceritanya dengan pohon-pohon tua ini.


Di beberapa negara Anda akan menemui bangunan atau jalan yang unik, karena dibangun di sekitar pohon. Pohon-pohon ini dianggap berharga, memiliki nilai sejarah, bahkan diyakini keramat sehingga penebangannya adalah tindakan tabu.


Berikut ini kami tampilkan deretan struktur menakjubkan yang dibangun di sekitar pohon berusia ratusan tahun.


1. Stasiun Kayashima dibangun di sekitar pohon kamper 700 tahun


Stasiun kereta Kayashima di Osaka, Jepang memiliki keunikan tersendiri dari segi arsitektur. Bangunan stasiun didirikan di sekitar pohon kamper berusia tujuh ratus tahun.


Proses pembangunan berlangsung dari tahun 1973 dan rampung di tahun 1980. Untuk mendirikan stasiun bukannya dilakukan penebangan, tetapi justru bangunan yang harus mengalah terhadap keberadaan si pohon tua. Pasalnya warga percaya takhayul yang mengatakan pohon tersebut bisa mendatangkan sial jika ditebang. Mereka melakukan aksi protes hingga pihak pengembang dan manajemen stasiun mengalah.


Hingga saat ini, pohon kamper yang katanya bertuah itu masih berdiri tegak. Daunnya masih rimbun dan di bawahnya didirikan sebuah altar persembahan yang dibuat oleh warga lokal.


2. Perpustakaan Bourg-la-Reine dibangun di sekitar pohon kenari tua


Pohon kenari berusia seabad membentuk poros gedung perpustakaan ini di kota Bourg-la-Reine, Prancis. Bangunan yang dirancang oleh Pascale Guedot ini mengelilingi pohon tua yang berdiri di tengah ruang baca.


Di lantai dasar, kaca yang luas memungkinkan ruang interior untuk berbaur dengan area luar ruangan sampai ke bagian belakang bangunan. Di sinilah pohon kenari tua berfungsi sebagai pusat bangunan sekaligus area membaca terbuka yang berhadapan langsung dengan halaman.


3. Restoran Figueira Rubaiyat dibangun di sekitar pohon ara berusia seabad


Figueira Rubaiyat di Sao Paulo, Brasil adalah restoran dengan bangunan unik. Keseluruhan tempat makan yang sangat populer ini didirikan di sekitar pohon ara berusia seratus tahun.


Batang pohon sendiri memiliki ukuran yang luar biasa, sehingga menghasilkan pemandangan yang menakjubkan saat bersantap. Tanaman tersebut termasuk salah satu pohon terbesar di tengah-tengah kota Sao Paulo. Begitu besarnya hingga tigaperempat bagian pohon sampai mencuat keluar dari bangunan restoran.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-