Ini Dia Beberapa Susu Rempah Yang Baik Buat Kesehatan Kamu
Sabtu, 18/08/2018 - 12:19 WIB
images-artikel/kecil/SUSU PALA.jpg
Sumber: Amazon UK
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, saat udara dingin enaknya mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Lebih nikmat lagi jika ditambahi sejumput bubuk rempah atau geprekan rimpang herbal. Selain menambah efek menghangatkannya, minuman seperti ini pastinya lebih sehat untuk tubuh.


Bicara soal susu rempah, mungkin yang paling sering kita seruput adalah susu jahe. Tetapi kombinasi susu dan kapulaga, pala, kunyit dan bahkan merica pun sebenarnya sangat sehat untuk dikonsumsi. Apa saja khasiatnya? Berikut ini akan kita bahas selengkapnya.


1. Susu kunyit


Nutrisi alami dari kunyit yang disebut dengan lipopolisakarida membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dalam tubuh secara lebih baik. Hal ini beriringan dengan susu yang juga bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti inflamasi.


Selain itu susu kunyit juga berkhasiat mengobati batuk demam, membersihkan liver, menyehatkan pencernaan, mencegah sembelit, membersihkan darah, mengurangi radang sendi, dan meringankan nyeri haid.


2. Susu kayu manis


Penambahan kayu manis pada susu tak hanya menghasilkan aroma yang lezat, namun juga berkhasiat untuk mengendalikan kadar gula darah tanpa memberikan kalori tambahan. Susu kayu manis juga baik untuk pencernaan, membantu mengontrol kadar gula dalam darah, dan juga baik untuk kesehatan rambut dan kulit.


Untuk membuat susu kayu manis, Anda bisa merebus susu dengan satu ruas kayu manis atau menambahkan kayu manis bubuk pada susu yang sudah masak.


3. Susu jahe


Susu dengan jahe geprek dikenal sebagai minuman penghangat tubuh. Cocok untuk mereka yang sedang masuk angin atau kesehatannya menurun. Selain menghangatkan, susu jahe juga efektif utnuk memperbaiki sistem imun, meningkatkan kelancaran pencernaan, mencegah osteoporosi, dan menyamankan tenggorokan yang sakit.


Untuk mendapatkan rasa hangat yang maksimal, gunakan jahe merah yang berukuran besar dan masih segar. Seduh dengan susu panas atau rebus bersama tak jadi masalah.


4. Susu pala


Khasiat utama nutmeg adalah membantu agar kita bisa tidur lebih nyenyak. Dikombinasikan dengan susu yang berkhasiat sama, cocok untuk mereka yang sulit tidur sampai berhari-hari.


Selain membuat tidur lebih pulas, susu dengan campuran pala juga bisa menghangatkan tubuh,mencegah kanker, meringankan nyeri pada arthritis, membantu melancarkan pencernaan, merawat kesehatan mulut, mengatasi kegelisahan, dan bisa membantu perawatan eczema.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-