Ini Dia Masker Untuk Kebutuhan Kecantikanmu
Senin, 09/10/2017 - 11:21 WIB
images-artikel/kecil/manfaat-minyak-zaitun.jpg
Sumber: Manfaatsehat.id
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, buah murah meriah yang kaya akan vitamin A dan vitamin C ini tak hanya sehat untuk dikonsumsi. Pepaya menyimpan berbagai kandungan gizi yang baik untuk kulit wajah dan tubuh. Kamu bisa memanfaatkannya untuk perawatan mingguan. Kombinasikan dengan bahan-bahan perawatan kecantikan alami seperti madu, yogurt, dan jeruk nipis.


Berikut ini beberapa resep masker pepaya yang bisa kamu coba. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu.


Masker pepaya dan yogurt - Meremajakan kulit


Pepaya dan yogurt sama-sama mengandung lactic acid yang baik untuk mengangkat sel kulit mati dan meremajakannya kembali. Untuk membuat masker, haluskan daging buah pepaya matang dan kombinasikan dengan yogurt tawar.


Terapkan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.


Masker pepaya, jeruk, dan wortel - Menjadikan kulit bersinar


Pepaya, jeruk, dan wortel merupakan sumber vitamin A yang penting untuk kesehatan kulit. Masker dari kombinasi buah dan sayur ini bisa menjadikan wajah berkilau sehat jika dipakai secara teratur.


Untuk membuat masker, campurkan 1/2 cangkir jus pepaya, 4 sendok teh air jeruk, 4 sendok teh jus wortel, dan 1 sendok teh madu atau gliserin. Terapkan masker ke seluruh wajah dan leher. Saat masker sudah agak kering, lakukan pemijatan ringan selama 1 menit agar kulit semakin rileks. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.


Masker pepaya, madu, dan putih telur - Menjadikan kulit kencang


Putih telur kaya akan protein yang bisa menjadikan kulit lebih kencang. Juga bisa meringkas pori-pori yang lebar. Kombinasikan dengan pepaya untuk mendapatkan nutrisi dari vitamin A dan aneka khasiat madu.


Cara membuatnya, haluskan 1/2 buah pepaya matang yang sudah dikupas, putih telur (dari 1 butir telur), dan 1 sendok makan madu organik dengan blender. Aplikasikan masker pada wajah hingga merata. Diamkan hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.


Scrub pepaya dan susu - Mengangkat sel kulit mati


Lactic acids dalam buah pepaya menjadikan buah ini baik untuk eksfoliasi. Gunakan sebagai scrub dengan mencampurkan pepaya lumat dan susu bubuk. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian kemudian gosok dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.


Masker pepaya dan minyak zaitun - Menghaluskan dan melembapkan kulit


Pepaya mengandung sodium yang sangat rendah yang berarti memiliki kandungan air tinggi. Kombinasikan dengan minyak zaitun yang kaya akan pelembap alami. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan ditepuk-tepuk handuk basah.


Masker kulit pepaya - Menunda munculnya gejala penuaan


Tak hanya buahnya, kulit pepaya juga mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang lebih tinggi daripada buahnya. Gosokkan kulit pepaya di wajah yang sudah bersih, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.


Karena kandungan asamnya yang tinggi, sebaiknya jangan menggunakan perawatan dengan kulit pepaya terlalu sering. Gunakan seminggu sekali saja dan jangan sampai lebih dari lima menit.


Masker pepaya, madu, dan lemon - Mengatasi pigmentasi karena paparan sinar Ultra Violet


Untuk kulit yang terbakar matahari, rawatlah dengan buah pepaya. Kandungan air serta vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya dapat memberikan efek dingin pada kulit yang terbakar, menghentikan kerusakan kulit, serta mengembalikan kondisi kulit seperti semula.


Cukup gunakan masker yang terbuat dari daging buah pepaya lumat, madu, dan air perasan lemon ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga meresap ke kulit selama 15 atau 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.


Masker pepaya dan jeruk nipis - Mengatasi jerawat


Pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang bersifat anti-jamur dan anti-bakteri. Vitamin A yang dikandungnya juga penting untuk meningkatkan produksi sel kulit sehat. Ini merupakan langkah penting untuk meregenerasi sel kulit mati yang bisa jadi penyebab jerawat. Padukan dengan sifat asam jeruk nipis agar bakteri penyebab jerawat mati.


Haluskan buah pepaya matang dan tambahkan dengan beberapa tetes air jeruk nipis segar. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian bilas dengan air dingin setelah didiamkan selama 30 menit.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-