Ini Dia Tips Agar Anda Tidak Akan Malas Untuk Berolahraga
Senin, 27/08/2018 - 05:47 WIB
images-artikel/kecil/olahraga.jpg
Sumber: Alodokter
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, olahraga merupakan aktivitas sehat yang manfaatnya tidak perlu diperdebatkan lagi. Mulai dari menjaga berat badan, mengaktifkan organ tubuh, sampai menjadikan awet mudah. Satu hal yang jadi masalah adalah kenyataan bahwa memulai kebiasaan untuk berolahraga itu sulit. Bisa jadi kita sudah bersemangat saat memulai, lalu semangat mulai kendor di minggu kedua. Bagaimana caranya agar kedisiplinan untuk berolahraga senantiasa terjaga? Berikut beberapa hal dapat Anda lakukan untuk mendongkrak semangat berolahraga.


Mulai dengan olahraga sederhana


Jika kondisi tubuh sedang lelah, coba ubah rutinitas latihan dengan hal yang lebih sederhana agar tubuh tidak kewalahan. Coba mulai dengan berjalan kaki selama 20 menit atau lakukan jogging. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sederhana agar Anda tetap aktif bergerak.


Coba jenis olahraga baru


Bisa jadi Anda bosan melakukan olahraga yang itu-itu saja. Cobalah aktivitas olahraga baru yang menarik bagi Anda. Sekarang ini banyak jenis olahraga variatif yang ditawarkan. Misalnya bersepeda malam, hot yoga, panjat tebing, atau power walking.


Latihan di rumah


Lakukan latihan rutin Anda di dalam rumah. Sehingga saat Anda tidak ingin keluar, Anda tetap bisa melakukan latihan rutin dan tetap membuat tubuh bergerak.


Ajak teman


Mengajak teman untuk latihan bersama dapat menambah semangat Anda dan menghilangkan perasaan tertekan. Mempunyai gym buddy seperti ini bisa bikin suasana hati akan menjadi lebih baik.


Anda juga bisa mendapatkan partner berolaharaga sambil bersosialisasi dengan bergabung di komunitas olahraga di kota Anda.


Cobalah latihan interval intensitas tinggi


Latihan ini berlangsung selama 10-30 menit sekali atau 2 kali dalam seminggu. Porsi latihan terdiri dari latihan aerobik intensitas rendah seperti berjalan dan dilanjutkan dengan latihan intensitas tinggi seperti berjalan cepat.


Rencanakan dengan baik


Pasang alarm dan tata pakaian olahraga Anda dekat tempat tidur. Cara ini membuat Anda bisa lebih siap untuk berlatih.


Gunakan jasa pelatih


Jika perlu mintalah bantuan dari seorang pelatih. Sama seperti seorang teman, pelatih dapat membantu mendorong Anda untuk lebih rajin dan membekali Anda dengan tips-tips kebugaran yang tepat pula.


Demikian cara-cara yang bisa dicoba jika Anda ingin lebih disiplin dalam berolahraga. Pilih saja yang paling sesuai dengan diri Anda.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-