Ini Yang Membuat Tempe Indonesia Mendunia
Selasa, 17/02/2015 - 10:59 WIB
images-artikel/kecil/tempe.png
Sumber: dbagus.com
 
 
Jakarta -

Tempe panganan yang satu ini sudah menjadi ciri khas bahwasanya tempe adalah makanan asli Indonesa. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan ini memang selalu lezat disantap bersama sambal dan nasi. Tempe saat ini pun tak hanya menjamur di Indonesia saja, namun juga sudah meramah sampai keluar negeri.Walau sederhana, tempe banyak mengandung gizi yang sangat baik, dan tempe nampaknya akan semakin mendunia.

 

Dikutip dari Dream, Badan Standarisasi Indonesia telah mengajukan standar mutu dan proses pembuatan tempe kepada badan internasional standardisasi pangan Codex Alimentarius Commission. Hasilnya, sudah diakui sebagai standar di Asia.

 

Deputi Bidang Penelitian dan Kerja Sama Standardisasi BSN, Kukuh S Achmad mengatakan standar internasional tempe meliputi mutu kandungan zat, cara pengujian laboratorium, pengambilan sampel serta tingkat higienis.

 

"Namun adanya standar internasional itu perlu peninjauan ulang SNI demi penyempurnaan. Di Indonesia, tempe punya standar, yakni SNI 3144 yang diterbitkan pada 2009," ujar Kukuh dikutip dari laman BSI.or.id, Senin 16 Februari 2015.

 

Ke depannya, BSN bakal membina perajin tempe tentang proses higienis sesuai standar. Mulai penggunaan wadah terbuat dari baja tahan karat untuk mencegah kontaminasi. Dengan begitu, nantinya pemasaran tempe bisa berkembang hingga ke Eropa dan Amerika Serikat dengan beragam olahan.


 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 03/05/2018 - 07:43 WIB
Rabu, 02/05/2018 - 04:28 WIB
Selasa, 01/05/2018 - 07:02 WIB