Kandungan Serat Melimpah Ada di Beberapa Makanan Ini
Selasa, 20/01/2015 - 09:50 WIB
 
 
Jakarta -

Serat adalah kandungan yang sangat penting bagi tubuh dan berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta berperan dalam proses detoksifikasi. Serat yang paling baik umumnya didapatkan melalui sayur dan buah-buahan . Namun demikian, ada beberapa makanan yang memiliki kandungan serat sangat tinggi


Kedelai Hitam
Kedelai hitam memiliki kandungan serat sebesar 15 gr dan 12 gr per mangkuknya. Selain kaya serat dan protein, terdapat antioksidan dan flavoniod yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kedelai hitam umumnya digunakan sebagai bahan utama membuat kecap.


Kedelai Putih
Kedelai jenis ini bisa didapatkan pada tempe atau tahu. Kandungan serat, protein, zat besi dan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah sehingga cocok bagi Sobat penderita hipertensi.


Alpukat
Mengonsumsi jus alpukat segelas perhari (tanpa gula) dipercaya menurunkan kandungan kolesterol dan menambah asupan energi yang penting untuk tubuh. Kandungan asam folat dari alpukat dapat mengembalikan fungsi jantung. 


Beras Merah
Percaya atau tidak, komposisi karbohidrat kompleks lebih banyak didapatkan pada beras merah dibandingkan dengan beras putih. Tidak hanya itu saja, Tidak hanya itu, kandungan seratnya yang tinggi sangat cocok untuk yang sedang diet. Bahkan juga bisa menurunkan resiko diabetes karena kandungan gulanya lebih sedikit.


Jagung
Selain serat, jagung kaya vitamin dan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Jagung juga bisa menjadi pengganti nasi untuk yang sedang dalam masa diet karena jagung juga mengandung karbohidrat.


Kacang merah
Kacang merah juga bisa menjadi pengganti nasi karena menganding serat, protein dan zat besi. Kacang merah bisa diolah menjadi sup, bubur, atau campuran es buah.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 01/06/2018 - 04:32 WIB
Minggu, 03/06/2018 - 11:49 WIB
Jumat, 08/06/2018 - 23:04 WIB