Keindahan Pulau Berau Kalimantan Timur Dicuri Negara Teatangga
Selasa, 25/11/2014 - 17:14 WIB
images-artikel/kecil/Pulau-Derawan-1.png
Sumber: gapakepassport.com
 
 
Jakarta -

Keindahan alam Indonesia memang selalu membuat negara lain iri melihatnya. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu menjaga alam Indonesia ini. Seperti keindahan pantai di Pulau Meratua, Kalimantan Utara. Pulau ini masuk dalam gugusan kepulauan Derawan di Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

 

Namun malah terdapat banyak pengusaha Malaysia yang banyak mengadakan paket wisata ke pulau ini. Jadi banyak wisatawan yang datang ke Pulau Maratua justru banyak menanyakan informasi melalui Malaysia.

 

Sseperti yang dikutip dari Kompas, "Perairan Berau ini memiliki keanekaragaman hayati sangat kaya. Tetangga kita melihat itu hal berbeda. Akhirnya, mereka ambil ikan di sini," ujar Agus di Pelabuhan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Selasa (25/11/2014) siang.

 

Ada kurang lebih 13 pulau kecil di perairan Berau dan diantara pulau-pulau tersebut terhampar banyak kekayaan laut. Di pulau erau ini juga banyak habitat penyu hijau. Tak hanya penyu, namun juga d perairan pulau berau ini juga merupakan habitat ikan pari dan ubur-ubur.

 

Tidak hanya itu, pesona pulau berau juga terapat banyak terumbu karang dan tembakau. Tidak heran banyak para warga Malaysia dan Filipina yang suka mengambil hasil lauit di pulau Berau ini dan dijual ke kapal asing di perbatasan.

 

Yang memprihatinkan, cara penangkapan ikan kapal-kapal tersebut tidak menimbang kelestarian alam laut. Banyak kapal nelayan yang masih menggunakan pukat, racun (portas), atau bom ikan. Ketiga cara tersebut mengancam kelestarian ekosistem biota laut di perairan Indonesia.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 01/06/2018 - 04:32 WIB
Minggu, 03/06/2018 - 11:49 WIB
Jumat, 08/06/2018 - 23:04 WIB