Kerugian yang diderita oleh Sony Pictures Entertainment akibat " />
Kerugian Sony Pictures Akibat Ulah Hacker Semakin Parah!
Jumat, 05/12/2014 - 18:19 WIB
images-artikel/kecil/sony.home_.entertainment-618x400.jpg
Sumber: thewrap.com
 
 
Jakarta -

Kerugian yang diderita oleh Sony Pictures Entertainment akibat serangan para peretas yang bertubi-tubi diprediksi akan terus bertambah. Usai didera kebocoran 5 file film yang beberapa diantaranya masih tayang dan baru direncanakan tayang di bioskop tahun depan. Kini ada serangkaian kerugian lain, yakni kerahasiaan data perusahaan terkait data karyawan dan gaji!


Para peretas atau hacker yang menamai dirinya dengan sebutan Guardian of Peace (GOP) telah sukses membocorkan daftar gaji sejumlah bos eksekutif, menyebar data rahasia berupa nomor jaminan sosial milik 3.800 karyawan Sony Pictures ke internet, biodata, bahkan curriculum vitae seluruh karyawan dan pimpinan yang mencari nafkah di salah satu studio pembuat film box office tersebut!


Untuk mencegah data sensitif mereka tersebar semakin luas ke internet, studio film yang berbasis di Culver City, California itu mulai memulihkan sistem komputernya. Bukan itu saja, Sony Pictures juga telah bekerjasama dengan FBI untuk menguak dalang di balik peretasan massal ini. Demikian seperti dikutip dari laman Hollywood Reporter, Jumat (5/12/2014).  


Sebelumnya GOP juga merilis daftar password Sony Pictures, mulai dari password komputer hingga akun media sosial fim-film Sony Picture yang antara lain berisi file ZIP dan Excel. Selain memaksa seluruh karyawan Sony Pictures untuk bekerja secara manual tanpa komputer, hacker juga dilaporkan berhasil mencuri 5 film terbaru besutan Sony Pictures ke internet.


Sony Pictures saat ini diketahui tengah melakukan investigasi. Sejumlah laporan mengungkapkan bahwa Korea Utara (Korut) kemungkinan terlibat dalam serangan cyber tersebut. Keterlibatan Korut disinyalir berhubungan dengan film terbaru Sony Pictures, The Interview. Film komedi ini menceritakan tentang rencana pembunuhan terhadap pimpinan Korut, Kim Jong Un. 


 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-