Halo Sobat Souja, Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, belum banyak Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memanfaa" />
Kini Omzet UMKM Dapat Meningkat Dua Kali Lipat Apabila Memanfaatkan Internet
Sabtu, 01/12/2018 - 20:11 WIB
images-artikel/kecil/omzet-bisnis-waralaba.jpg
Sumber: Franchise Indonesia
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, belum banyak Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan internet untuk memperlebar bisnisnya.


Padahal jika mau, UMKM mampu mereguk omzet hingga dua kali lipat. Terlebih kata dia, berdasarkan data yang dimilikinya, tak hanya pola bisnis yang bergeser di era digital saat ini, melainkan pola transaksi juga.


"Menarik sekali bahwa 70 persen transaksi belanja online di Indonesia berasal dari masyarakat di Kabupaten yang kebanyakan tidak memiliki mall," kata dia yang dikutip dari website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).


Maka dari itu, dikatakannya, Kemkominfo terus mendorong semua pihak di Indonesia memanfaatkan potensi ekonomi digital. Misalnya saja Kemkominfo tengah berupaya mengembangkan ekonomi digital Indonesia melalui program 1 juta petani dan nelayan Go Digital, 8 juta UMKM Go Digital, 1.000 start up digital, 1 juta nama domain, dan Palapa Ring.


Di samping itu pula, pemerintah bertekad menjadikan negeri ini kuat dalam sisi digital ekonomi untuk wilayah Asia Tenggara pada tahun 2020. Untuk itu, sebagaimana diketahui, dari sisi e-commerce, ditargetkan pada tahun 2020 nilai transaksinya bisa mencapai angka USD 130 miliar.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-