Kisah Inspiratif: Asal Muasal Garam
Jumat, 02/03/2018 - 08:52 WIB
images-artikel/kecil/Salt.png
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Dahulu, ada seorang raja yang memiliki batu penggiling. Batu itu adalah batu ajaib. Batu itu bisa mengabulkan apa saja yang diminta pemiliknya. Suatu hari, ada pencuri yang menginginkan batu penggiling itu. Supaya tidak diketahui, dia menyamar menjadi pembantu istana. Dia berusaha mencari tahu di mana raja menyimpan batu itu.


"Kudengar, raja mempunyai batu penggiling ajaib. Raja selalu mengubur batu itu karena takut batunya dicuri," kata si pencuri kepada seorang pelayan.


"Kau salah, batu penggiling itu ada di sebelah pot teratai, di taman istana. Tapi, tidak ada seorang pun yang berani mengambilnya," kata pelayan itu.


Si pencuri merasa senang. Akhirnya, dia tahu di mana batu itu disimpan. Saat malam tiba, diam-diam dia pergi ke taman istana. Dia mencari pot teratai. Ternyata benar, di sebelahnya ada batu penggiling ajaib. Tanpa menunggu lama, dia mencuri batu itu dan langsung kabur. Si pencuri terus berlari sampai ke pantai. Dia segera naik perahu dan berlayar. Karena takut ketahuan mencuri, dia bermaksud berlayar sampai seberang lautan.


"Aku harus meminta sesuatu pada batu ini. Aha! Aku akan meminta garam! Bukankah semua orang butuh garam? Aku akan kaya!" kata si pencuri sambil tertawa senang.


Si pencuri lalu menggiling batu itu sambil berkata, "Garam! Beri aku garam yang banyak."


Tidak lama kemudian, dari dalam batu mengalir garam. Garam itu terus mengalir sampai memenuhi kapal. Kapal si pencuri menjadi kelebihan beban. Akhirnya, kapal itu tenggelam bersama si pencuri. Batu penggiling itu terus berputar. Sampai sekarang, tidak ada seorang pun yang bisa menemukannya. Itulah sebabnya mengapa air laut rasanya asin.


Sobat Souja, 

Cerita di atas mengajarkan kota untuk tidak boleh serakah dan semaunya sendiri. Hoduplah sederhana, tidak berlebihan atas segala sesuatu. Sesungguhnya, segala sesuatu yang berlebihan itu akan mencelakai diri sendiri, bahkan orang lain. 


Sumber: dongengceritarakyat.com

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 01/06/2018 - 04:32 WIB
Minggu, 03/06/2018 - 11:49 WIB
Jumat, 08/06/2018 - 23:04 WIB