Kisah Inspiratif: Nilai Harta Kekayaan
Rabu, 04/07/2018 - 04:21 WIB
images-artikel/kecil/harta.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Alkisah, seorang paling kaya raya tapi kikir di sebuah desa khawatir jika harta bendanya akan dicuri, maka ia pun memutuskan untuk mengubur seluruh emas yang ia miliki di sebuah tempat rahasia di kebunnya. Setiap hari ia pergi ke tempat itu, menggali harta karun dan menghitungnya sedikit demi sedikit untuk memastikan semuanya ada di sana. Sang kaya raya melakukan hal tersebut setiap hari, sehingga seorang pencuri yang sudah lama mengamatinya pun akhirnya mengetahui semua emas dikubur di kebun si kaya raya. 


Pada suatu malam, diam-diam si pencuri pun menggali kebun itu dan membawa semua harta kekayaan yang tertimbun di dalamnya! Sang empunya pun menemukan jika kebunnya sudah diacak-acak pencuri keesokan paginya, langsung diliputi kesedihan mendalam serta larut dalam kekcewaan tak henti. Meraung-raung ia menangis dan merobek baju yang ia kenakan. 


"Emasku hilang...semua... habis tak bersisa! O emasku! Seseorang telah merampokku!"


Dalam waktu bersamaan, teriakan si kikir didengar oleh seorang pengemis yang tak sengaja melintas. 


"Emas Anda ada di lubang itu? Kenapa kamu meletakkannya di sana? Mengapa Anda tidak menyimpannya di rumah di mana Anda dapat dengan mudah mendapatkannya ketika Anda harus membeli sesuatu? ”


"Kamu tahu apa pengemis miskin! Aku tak ingin menyentuhnya karena sangat menyayangi emas tersebut,"


"Baik, jika itu masalahnya dan Anda begitu sayang kepada harta tersebut, maka lebih baik semua emasnya ditimbun di tembok untuk selamanya, maka Anda tak perlu memikirkan harta itu akan hilang karena hanya Anda yang mengetahui dimana itu berada,"


Sobat Souja, 


Menyimpan, menghabiskan uang dengan bijak dan tepat adalah pertanda baik jika Sobat melakukannya untuk tujuan yang baik. Kalau tidak, kepemilikan tidak lebih berharga daripada penggunaan yang kita buat.


Sumber: Moralstories.org

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 12/07/2018 - 11:55 WIB