Kisah Inspiratif: Raja dan Dongeng
Minggu, 01/04/2018 - 16:39 WIB
images-artikel/kecil/animated-movies_88199_3.jpg
Sumber: fanpop.com
 
 
Jakarta -

Dahulu, ada seorang raja yang suka mendengarkan dongeng. Dia selalu ingin mendengar dongeng baru setiap hari. Suatu hari, pendongeng istana kehabisan cerita untuk didongengkan. Raja pun akhirnya membuat sayembara.


"Jika ada yang bisa menceritakan dongeng yang belum pernah kudengar, maka aku akan menikahkan orang itu dengan putriku."


Semua penduduk tertarik untuk mengikuti sayembara itu. Seorang pemuda miskin pun juga mengikutinya.


"Kalau pun tidak menang, setidaknya aku bisa mendapatkan makanan di istana," pikir sang pemuda.


Sesampainya di istana, raja bertanya pada pemuda miskin, "Dongeng apa yang akan kau ceritakan padaku?"


"Sebelum aku mendongeng, tolong beri aku makan dulu. Aku belum makan seharian," jawab pemuda itu.


Raja lalu memanggil pelayannya. Mereka pun menghidangkan berbagai makanan yang lezat. Pemuda miskin itu makan dengan lahap. Selesai makan, pemuda miskin itu mulai bercerita. Dia bercerita tentang kehidupannya yang miskin dan sering kekurangan makan. Raja sangat terkejut mendengarnya. Raja belum pernah mendengar dongeng tentang orang miskin. Selama ini raja selalu mendengar tentang kekayaan, kemewahan, raja-raja, pangeran, atau putri.


Pemuda itu berhasil memenangkan sayembara. Sesuai janji raja, pemuda itu pun akan dinikahkan dengan putrinya. Tetapi sang pemuda menolak dengan sopan, 


"Mohon maaf, Baginda Raja. Hamba orang miskin, tidak pantas menikah dengan tuan putri yang kaya. Baginda tidak perlu menikahkan tuan putri dengan hamba. Berikan saja hamba pekerjaan supaya hamba tidak miskin lagi," kata pemuda itu.


Akhirnya, raja pun mengangkat pemuda itu menjadi pendongeng istana. Kini, pemuda itu tinggal di istana dan hidup bahagia.


Sobat Souja, 


Kepribadian yang bisa di petik dari cerita di atas adalah tolong-menolong. Kita harus menolong orang yang sedang kesusahan. Dengan begitu, kita bisa membuatnya bahagia.


Sumber: dongengceritarakyat.com

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 12/07/2018 - 11:55 WIB